ANALYSIS OF HALAL TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY IN EAST JAVA PROVINCE

Authors

  • Riska Carollina Department of Islamic Economics, University of Darussalam Gontor
  • Andi Triyawan Department of Islamic Economics, University of Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v2i01.3099

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor eksternal dan internal yang mempengaruhi pengembangan pariwisata halal. Selain itu, peneliti juga mencoba untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam mengembangkan pariwisata halal. Hal ini dikarenakan, sektor pariwisata merupakan salah satu sector yang berpengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia. Mayoritas penduduk dunia kedua merupakan Muslim, maka dari itu pengembangan pariwisata halal sangatlah penting. Penelitian ini dilakukan di provinsi Jawa Timur dikarenakan provinsi ini memiliki keanekaragaman budaya dan sumber daya alam. Selain itu, mayoritas penduduk provins Jawa Timur adalah Muslim.  Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Data yang digunakan didapatkan melalui interview, observasi dan dokumnetasi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa pengembangan pariwisata halal di Indonesia khususnya di provinsi Jawa Timur masih belum berkembang cukup baik. Hal ini disebabkan banyaknya amenitas atau fasilitas yang ada pada destinasi pariwisata belum mssemadai. Selain itu, teknologi dan pengetahuan masyarakat untuk pariwisata halal masih belum terlalu luas. Untuk itu strategi yang tepat untuk mengembangkan pariwisata halal ini dapat dimulai melalui perbaikan atau pembaharuan amenitas berbasis halal atau sesuai dengan hukum islam. Untuk mendukung pengembangan pariwisata halal, pemerintah diharapkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar daerah tujuan wisata (DTW) untuk melakukan sosialisasi pentingnya pariwisata halal

References

Achyar, Mahfud. Indonesia Sebagai Tujuan Halal Tourism, Makalah tentang pariwisata halal di Indonesia. tanpa tempat dan waktu

Arina., Didit. 2014. Strategi Pemasaran Pariwisata: Industri Pariwisata Untuk Wistawan Muslim Di Jepang.

Asisten Deputi Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan. (2015). Kajian Pengembangan Wisata Syari’ah. Jakarta: Kementerian Pariwisata RI

Awalia, Hafizah. 2017. Komodifikasi Pariwisata Halal NTB Dalam Promosi Destinasi Wisata Halal Islami Di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi. Vol. 01 Number 01

Battour, Mohamed. et al. 2010. Toward A Halal Tourism Market, Journal Tourism Analysis. Volume 15

Battour., Ismail. 2015. Halal Tourism: Concepts, Practices, Challenges and Future, Journal Tourism Management Perspectives. Took from https://dx.doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008

Firdausi., Khoirul Hadi. 2017. Kajian Potensi Dan Strategi Pengembangan Wisata Pantai Syari’ah (Studi Kasus Pulau Santen Kab. Banyuwangi). Jurnal Manajemen Dakwah. Volume 3 Number1

Mudrikah, Alfiah. et al. 2014. Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap GDP Indonesia Tahun 2004 – 2009. Economics Development Analysis Journal. Volume 03 Number 02

Nur’aini, Fajar. 2016. Teknik Analsis SWOT. Yogyakarta: Quadrant

Rangkuti, Freddy. (2016). SWOT Balanced Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. Cetakan kesepuluh. Jakarta: Gramedia,

Samori, Zakiah. et al. 2015. Current trends on halal tourism: cases on selected Asian countries. Tourism Management Perspective. Took from http://dx.doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.011

Simanjutak, Bungaran Antonius,. et al. (2017). Sejarah Pariwisata Menuju Perkembangan Pariwisata Indonesia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia

Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata Di Indonesia, Jurnal Liquidity. Volume 1 Number 2

Sujai, Mahpud. 2016. Strategi Pemerintah Indonesia Dalama Menarik Kunjungan Turis Mancanegara, Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan. Volume 20 Number 1

Suryadana, Liga., Octavia, Vanny. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

The Number of East Java Citizen Among Religion 2016, Data took from https://jatim.bps.go.id/, (accessed on 16th of May 2018 time 21.39 WIB)

Widagdyo, Kurniawan Gilang. 2015. Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia, Journal of Tauhidinomics. Volume 1 Number 1

Winarti, Oktifani. 2017. Halal Tourism: Does It Attract Only Muslim Tourist, Jurnal Studi Komunikasi. Volume 01 Number 03

Worldwide All Population Among Religion on 2010, data took from www.futureglobalmuslimpopulation.org, (accessed on 22nd of October 2017 time 14.55 WIB)

Yan, Lee Shi, et al. 2017. Halal Tourism: A New World For Tourism Industry, International Journal of Asian Social Science. Volume 07 Number 08

Yoeti, Oka A. (2016). Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka

Downloads

Published

2019-02-06

Issue

Section

Articles