AN EMPIRICAL STUDY ON THE INFLUENCE OF ISLAMIC VALUES ON MONEY DEMAND (Case Study: University of Darussalam, Gontor and Mantingan Campus)

Muhammad Fahmi Jauharuddin Rimas Sude, Khoirul Umam

Abstract

Pemikiran Chapra mengenai permintaan uang mengandung nilai-nilai Islam. Penelitian mengenai nilai sosial telah dibahas oleh beberapa peneliti seperti Ebrinda dan Sri Wahyuni, akan tetapi kedua penelitian tersebut masih dalam berbentuk makro, dan hasil yang diperoleh dalam penelitian Ebrinda belum menujukan pengaruh yang signifikan terhadap permintaan uang Islam di Indonesia dan terbatas pada nilai-nilai sosial, sedangkan  hasil penelitian Sri Wahyuni belum menunjukan pengaruh yang signifikan dalam jangka pendek dan signifikan dalam jangka Panjang. Dari sini peneliti mencoba untuk meneliti secara mikro pengaruh nilai-nilai Islam terhadap permintaan uang di Universitas Darussalam Gontor, selain dengan sistem pesantrennya juga memiliki nilai-nilai Islam yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai Islam terhadap permintaan uang secara mikro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode angket. Kemudian data-data tersebut dianalisa dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai Islam belum berpengaruh terhadap permintaan uang. Hal ini terbukti dengan nilai signifikansi masih diatas 0,05. Nilai signifikansi kebutuhan pokok sebesar 0,4, nilai sosial 0,7, perilaku berlebihan 0,3 dan tabungan 0,3. Sedangkan variabel yang berpengaruh diantaranya adalah pendapatan dengan nilai signifikansi 0,00, investasi 0,00 dan rencana investasi 0,04. 

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.