ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK (Brand Image), DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada pondok Tahfidz Al Muqoddasah Ponorogo)

Authors

  • Riki Andika University Of Darussalam Gontor, Indonesia
  • Mohammad Zaenal Abidin University Of Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/ibmj.v2i2.3161

Keywords:

Kata Kunci, Citra Merek, Motivasi Konsumen, Keputusan Konsumen.

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi utama dalam membangun peradaban bangsa. Pentingnya pendidikan akan menentukan kualitas kesejahteraan dan juga masa depan suatu bangsa. Pentingnya pendidikan menjadikan pemerintah ikut serta dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan. Hal ini dipertegas dalam UUD pasal 31 ayat 1 dan 2 yaitu setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra merek dan motivasi konsumen terhadap keputusan konsumen. keputusan dapat diartikan suatu kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan. Populasi dalam penelitan adalah wali murid dengan sampel sebanyak 85 responden. Penarikan sample dengan cara probability sampling dengan tehnik simple random sampling, analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara Simultan Citra merek dan Motivasi konsumen berpengaruh Positif terhadap Keputusan Konsumen. Dan secara parsial (X1) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Konsumen, (X2) Motivasi Konsumen berpengaruh negatif dan tidak Signifikan terhadap Keputusan Konsumen.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: Free PressAbadi, M. K. R. (n.d.). Impact of Behavioral Factors and Ethical Investment on Investors’ Financial Decision: Case on The Jakarta Islamic Index. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Z9S3JwoAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=Z9S3JwoAAAAJ:UeHWp8X0CEICAlsa, Asmadi. (2007). Pendekatan Kuantitatif dan kualitatif, Serta kombinasinya dalam penelitian psikologi. Jakarta, pustaka pelajar.Alvian B. (2012). “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman.” Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.Andi M. Sadat. 2009. brand belief: strategi membangun merek berbasis keyakinan. Salemba empat. jakartaAnggara, F.S.A. (2019). Business Model in Islamic Microfinance: Case Study of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) La Tansa Gontor. Business Model in Islamic Microfinance: Case Study of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) La Tansa Gontor. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=XZSUA-AAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=XZSUA-AAAAAJ:YOwf2qJgpHMCAnggara, F.S.A. (2019). Business Model in Islamic Microfinance: Case Study of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) La Tansa Gontor. Business Model in Islamic Microfinance: Case Study of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) La Tansa Gontor. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=XZSUA-AAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=XZSUA-AAAAAJ:YOwf2qJgpHMCAstuti, R. Y., & Kurniawan, D. A. (2019). Analisis ekonomi Islam meninjau praktek transparansi top up (penambahan pinjaman) perbankan. Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics, 212–220. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=0UP1gloAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=0UP1gloAAAAJ:0EnyYjriUFMCAstuti, R. Y., & Kurniawan, D. A. (2019). Islamic Economic Analysis Reviews: the Transparency of Top-up Banking. Al Tijarah, 5(1), 57–62. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3648Djayusman, R., Anggara, F., Ihsan, N. H., & Kurniawan, D. A. (2019). Muslim Micro Entrepreneurs’ Competency to Face Challenges in The Industrial Era 4.0. ICBLP 2019: Proceedings of the 1st International Conference on Business, Law And Pedagogy, ICBLP 2019, 102. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=0UP1gloAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=0UP1gloAAAAJ:_Qo2XoVZTnwCDjayusman, R., Anggara, F., Kurniawan, D. A., & Ihsan, N. H. (2019). Muslim Micro Entrepreneurs’ Competency to Face Challenges in The Industrial Era 4.0 - UNIDA Gontor Repository. Retrieved from https://eudl.eu/proceedings/ICBLP/2019Djayusman, R., Anggara, F.S.A, Ihsan, N., & Kurniawan, D. (2019). Muslim Micro Entrepreneurs’ Competency to Face Challenges in The Industrial Era 4.0. International Conference on Business, Law and Pedagogy. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=XZSUA-AAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=XZSUA-AAAAAJ:ufrVoPGSRksCDjayusman, R., Anggara, F.S.A, Ihsan, N., & Kurniawan, D. (2019). Muslim Micro Entrepreneurs’ Competency to Face Challenges in The Industrial Era 4.0. ICBLP 2019: Proceedings of the 1st International Conference on Business, Law and Pedagogy, ICBLP 2019, 13-15 February 2019, Sidoarjo, Indonesia. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=XZSUA-AAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=XZSUA-AAAAAJ:M3ejUd6NZC8CDjayusman, R., Anggara, F.S.A, Ihsan, N., & Kurniawan, D. (2019). Muslim Micro Entrepreneurs’ Competency to Face Challenges in The Industrial Era 4.0. International Conference on Business, Law and Pedagogy. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=XZSUA-AAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=XZSUA-AAAAAJ:ufrVoPGSRksCFasa, M. I., Aviva, I. Y., Firmansah, Y., & Suharto, S. (2019). CONTROVERSY ON RIBA PROHIBITION: MAQASHID SHARIAH PERSPECTIVE. International Journal of Islamic Economics, 1(2). https://doi.org/10.32332/ijie.v1i02.1804Firmansah, Y. (2015). Pemahaman Kembali terhadap Audit Sumber Daya Manusia (Studi Kasus di PT Sinar Baru Corporation). Al Tijarah, 1(1), 73–96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v1i1.383Firmansah, Y., Rusli, L., & Maulana, H. (2019). PROFILING THE COMPETENCY OF NAZHIR WAQF: A CONCEPTUAL PAPER. 7th Asean Universities International Conference on Islamic Finance (AICIF). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=BdmYXpYAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=BdmYXpYAAAAJ:Y0pCki6q_DkCGarry reagi (2011) analisis pengaruh motivasi konsumen, persepsi konsumen dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. SemarangGhazali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.Ghazali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang. Hal. 160Khoirudin, I. A., & Kurniawan , D. A. (2019). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA REGULER MEMILIH STUDI DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR. Widya Warta, 2(2). Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=0UP1gloAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=0UP1gloAAAAJ:R3hNpaxXUhUCKotler, Phillip (2009), manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta erlanggaKurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Karakteristik Sektor Informal di Provinsi Jawa Timur. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 141–157. Retrieved from http://repo.unida.gontor.ac.id/241/Kurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Karakteristik Sektor Informal di Provinsi Jawa Timur. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 141–157. Retrieved from http://repo.unida.gontor.ac.id/241/Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS Dan EFAS. UNIDA Gontor Repository, 5(2), 93–103. Retrieved from http://repo.unida.gontor.ac.id/233/Kurniawan, D. A., & Fajri, F. S. (2019). Analisis Implementasi Islamic Store Attributes dan Bauran Pemasaran dalam Perspektif Islam (Survey pada La-Tansa Gontor Departement Store Ponorogo). JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 4(2), 85–110. Retrieved from http://repo.unida.gontor.ac.id/236/Kurniawan, D. A., & Maemunah, H. (2019). Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding Dan Online Marketing. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i1.466Kurniawan, D. A., & Maemunah, H. (2019). Peningkatan Pendapatan dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding, dan Online Marketing (Peyek Mbak Anna Ponorogo Jawa Timur). KHADIMUL UMMAH Journal of Social Dedication, 1(1). Retrieved from http://repo.unida.gontor.ac.id/243/Kurniawan, dhika amalia. “Motivation Analysis on Customer of Islamic Microfinance Institution (Case Study in BMT La-Tansa Gontor Ponorogo).” 2018, repo.unida.gontor.ac.id/242.Kurniawan, Dhika Amalia. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Citra Terhadap Niat Konsumen Untuk Word of Mouth Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada BPJS Di Kabupaten Ponorogo), Al Tijarah, vol. 2, no. 1, June 2016, https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i1.665.Kurniawan, dhika amalia. 2018. “PENGANTAR PEMASARAN ISLAM - UNIDA Gontor Repository.Maulana, H. (2019). FAKTOR PENGHAMBAT AKSES JASA KEUANGAN DI WILAYAH MADIUN RAYA: STUDI EMPIRIS - UNIDA Gontor Repository. http://repo.unida.gontor.ac.id/1300/Maulana, H. (2019). Faktor Penghambat dalam Mengakses Pembiayaan pada Pengusaha Mikro di Karesidenan Madiun: Second Order CFA - UNIDA Gontor Repository. Faktor Penghambat Dalam Mengakses Pembiayaan Pada Pengusaha Mikro Di Karesidenan Madiun: Second Order CFA - UNIDA Gontor Repository. http://repo.unida.gontor.ac.id/1297/Maulana, H. (2019). MAQASHID SHARI’AH ON ISLAMIC MICROFINANCE AND THE ISSUES AND CHALLENGES IN PROMOTING ISLAMIC MICROFINANCE IN INDONESIA: A SCHOLAR’S PERSPECTIVE. http://repo.unida.gontor.ac.id/1301/Norfianti kiki (2012) analisis pengarug citra merek, persepsi harga dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen. SemarangPhilip Kotler, 2005, manajemen pemasaran, jilid 1 dan 11, PT. indeks, JakartaProf. Dr. Sugiono. “Metode Penelitian Manajemen” 2014. ALFABETA, hlm, 148.Rangkuti, F., 2002,”The Power of Brands”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk.2000. consumer behavior fifth edition, prentice-hall inc. Ney jerseySetyanta, B., & Kurniawan, D. A. (2019). DOES RELIGIOSITY MODERATE THE INFLUENCE OF TRUST ON THE INTENTION TO USE SHARIA BANKING PRODUCTS. UNIDA Gontor Repository, 1(1), 1–131. Retrieved from http://repo.unida.gontor.ac.id/999/

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Andika, R., & Abidin, M. Z. (2019). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK (Brand Image), DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada pondok Tahfidz Al Muqoddasah Ponorogo). Islamic Business and Management Journal, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.21111/ibmj.v2i2.3161