Harmonisasi Keislaman, Keindonesiaan, Sains dan Teknologi Strategi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren
Abstrak
Referensi
Abidin, Z. (2014). Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi antara Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemoderenan. Humaniora, 5(2).
Arifin, I. (1993). Kepemimpinan Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Kalimasahada.
Depdiknas RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Dhofier, Z. (2019). Tradisi pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Cetakan ke-10). LP3ES.
Fakhri, J. (2010). Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Ta’dib, 15(1).
Ilmi’, Z. (2012). Islam Sebagai Landasan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Lentera, 14(1).
Imparsial. (2019). Kasus Intoleransi Terjadi di Indonesia Sepanjang 2019. https://imparsial.org
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage.
Munawwir, A. W. (1984). Al Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Unit Pengadaan Buku-Buku Ilmiah Keagamaan Pondok Pesantren al-Munawwir.
PDSPK Kemdikbud RI. (2016). Analisis Kearifan Lokal Ditinjau dari Keragaman Budaya Tahun 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Purwaningrum, S. (2015). Elaborasi Ayat-Ayat Sains dalam Al-Quran: Langkah Menuju Integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan. Inovatif, 1(1).
Ratnawati, S. R., & Wathoni, K. (2022). Pendidikan Islam Multikultural sebagai Upaya Meneguhkan Moderasi Islam di Pesantren. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 826–833. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.425
Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi Beragama. Kementerian Agama RI.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragamadi Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1).
Umar, N. (2014). Rethinking Pesantren. Elex Media Komputindo.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.