Inovasi Pembelajaran Tahfidzul Quran di Pesanteran Islamic Center Bin Baz Yogyakarta
Abstrak
Inovasi dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu kunci dari keberhasilan lulusan. Pondok pesantrean Islamic Center Bin Baz dalam mengembangkan pembelajaran tahfidzul Quran di tahun 2022 dalam sebulan menghasilkan 14 santriwati yang dapat menyelesaikan hafalan 30 juz dan tinginya animo santri dalam menghafal Al-Quran, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana inovasi pembelajaran tahfidzul Quran di pesantrean Islamic Center Bin Baz. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengambilan data dengan wawancara, dokumentasi. Pondok Pesantrean Islamic Center Bin Baz dalam mengembangankan kegiatan pembelajaran tahfidzul Quran mempunyai prgram ungulan yang diberi nama Syahrul Quran, kegiatan syahrul Qur`an di tahun 2022 didapatkan bahwa adannya inovasi dalam kegiatan pembelajaran tahfidzul Quran. Inovasi yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran tahfidzul Quran tidak hanya fokus dalam menghafal Al-Quran tetapi juga mengimbangi sisi eksistensi terkait Al-Quran, kesehatan badan, dan bakat minat. Untuk mencapai visi misi dalam kegiatan pembelajaran tahfidzul Quran, Pondok Pesantrean Islamic Center Bin Baz memberi tema yaitu `Rihlah Bersama Al-Quran` yang terdiri dari 9 kegiatan ungulan yaitu Dauroh intensif ziyadah 30 juz, Pembelajaran tafsir juz 30, Tahsin dan tashih Al Qur'an Metode Bin Baz (MBB), keempat; Story telling, Praktek metode mudah menghafal Al Qur'an dengan 10 ta', Pembelajaran adab-adab Islamiyyah secara praktek, Rihlah bersama Al-Qur'an, Mempelajari sejarah Al Qur'an, Haflah Syahrul Qur'an. Seluruh kegiatan Syahrul Quran di sesuaikan dengan treand yang ada di zaman sekarang.ÂReferensi
Badruzaman, D. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an. Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 9(2), 80–97. https://doi.org/10.36781/kaca.v9i2.3034
Dahliana, M. K. (2022). Pengelolaan Model Pembinaan Tahfidz Qur’an di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. 1(1), 18–33.
Fenty Sulastini, & Moh. Zamili. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81
https://binbaz.or.id/. (n.d.). Salafiyah Wustha ICBB. https://binbaz.or.id/salafiyah-wustha-icbb/
Kartika, T. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN BERBASIS METODE TALAQQI. 4(2), 245–256.
La’ali Nur Aida, Dewi Maryam, Fia Febiola, Sari Dian Agami, U. F. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806
Nurzannah, N., & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Qur’an. AR-RASYID: Jurnal Pendidikan …, 1(1), 45–53. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ARRASYID/article/view/8378
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Robbaniyah, Q., & Lina, R. (2022a). Eksplorasi Strategi Kontra Radikalisme pada Santri di Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz Yogyakarta. X(X), 1–10.
Robbaniyah, Q., & Lina, R. (2022b). Konstribusi Pemikiran Abu Nida` dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia. 2(1), 24–35.
Robbaniyah, Q., Lina, R., & Falensyana, A. (2022). At Turots : Jurnal Pendidikan Islam Studi Kasus Santriwati Halaqoh Khotm Islamic Center Bin Baz dalam Memilih Jurusan Kuliah Case study of Student Halaqah Khotm Islamic Center Bin Baz in choosing college majors. 4(1), 11–22.
Wahyuni, A., & Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary, 5(1), 87–96.
ÙŠØÙ‰ الغوثانىيØÙ‰ الغوثانى. (n.d.). No Title. Https://Www.Noor-Book.Com/Book/Review/70308. https://www.noor-book.com/book/review/70308