Penggunaan Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab

Penulis

  • Isnaini Khoirotun Ni'mah STAI Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI
  • Anis Zunaidah STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung
  • Achmad Roziqin STAI Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI

Abstrak

Abstract: This research is entitled “Implementation of the use of flash cards to improve the ability to memorize Arabic vocabulary”. The study aims to determine the implemtation of using flash cards to improve Arabic language skills of students of the Islamic Religious Education program at Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya kabupaten Ogan Komering Ilir. This research is a qualitative research, while the data collection uses the method of observation, interviews and documentation. The results of the study show that lecturers use flash card media in learning Arabic. By using this media, students can easily memorize and memorize more vocabulary. Students are interested in what the lecturer displays so that they can increase student vocabulary memorization. Abstrak: Penelitian ini berjudul “Implementasi penggunaan kartu flash utnuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan kartu flash untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab program Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen menggunakan media flash card dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggunakan media ini, mahasiswa dapat dengan mudah menghafal dan menghafal lebih banyak kosakata. Mahasiswa tertarik dengan apa yang ditampilkan dosen sehingga dapat meningkatkan hafalan kosakata mahasiswa.

Referensi

Bidari, B. W. D. H. (2022). Pengaruh Metode OutBound Fun Game untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al Badriyah Sundak Rarang Lombok Timur Tahun 2020/2021. Al Fakkaar, 3(1), 42–56. Fika Magfira Tungkagi, Ibadurrahman Ali, Y. K. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHASISWA LULUSAN NON-MADRASAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SULTAN AMAI GORONTALO Fika. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab Vol. 3 No. 1 Februari 2022, 3(1), 1–16. Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. 4, 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744 Helmanto, F. (2020). Flashcard : Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang Flashcard merupakan alat bantu ngan memberikan bahasa Inggris dan pembelajaran dengan multi bahasa ( ba- Selain itu sejumlah penelitian pe- dengan hasil produk pengembangan. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091 Huda, N. (2017). Model Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Pada Peserta Didik Non-Native Speaker (Kajian Teori Psikolinguistik). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 84–94. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.32 Imam Mujahid, Muhammad Nasirudin, K. (2022). EVALUASI PROGRAM “ KEMBARA ” SEBAGAI UPAYA DASAR PENINGKATAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS sangat penting dan sangat di butuhkan dalam mencerminkan seberapa jauh belajar bahasa arab adalah Kole. VOX Edukasi, 13(April), 89–101. Mahmuda, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. 20(01). Ni’mah, I. K. (2016). المفردات, استخدام البطاقة الومضية في الكفاءة. Niam, M. F., Pendidikan, P., & Guru, P. (2022). PENERAPAN METODE THE GUESS WORD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DALAM. 2(2), 820–828. Nila Dia Rahma, Sukarno, A. M. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok A pada Anak Usia Dini di TK Al-Badariyah Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Akademika, 18(1), 66–73. Rafsanjani, H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. 6(3), 5166–5180. Saputra, D., Fidri, M., Fatoni, & Nurhayati. (2022). Penggunaan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Penguasaan Kosa Kata. Jurnal As-Said, 2(1), 127–137. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/85 Shafira, S., & Handayani, A. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flash Cards Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 4-5 Tahun di TK Percontohan Tahun Ajaran 2021-2022. Education & Learning, 2(2), 119–123. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.420 Wahyudi, I., & Ro, S. (2021). Permainan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Mufrad ā t di Kelas X IPA MA Irsyadun Nasyi ’ in. 1(1), 13–18. Yamani, A. Z. (2022). Jurnal Ilmiah Keagamaan,Pendidikan dan Kemasyarakatan. 13, 92–115. Zainuri, H. M. A. J. (2021). Penerapan Media Gambar pada Pembelajaran Mah ā rah Al-Kit ā bah di MA Irsyadun Nasyi ’ in. 1(1), 7–12.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-05