Desain, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Menengah

Penulis

  • Idris Akbar Pramono IAIN Ponorogo
  • Lutfiatul Khasanah IAIN Ponorogo
  • Nur Kholis Fakultas Tarbiyah IAIN Ponorogo

Abstrak

Inovasi baru dalam melihat pelaksanaan belajar mengajar, termasuk mata pelajaran PAI membawa konsekuensi bagi guru untuk meningkatkan peran dan kompetensinya, karena proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh peran guru yang berkompeten dalam membuat dan melaksanakan pembelajaran. desain pembelajaran yang telah dibuat. Guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Salah satu peran guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai evaluator dalam desain dan pelaksanaan pembelajaran yang ia ciptakan sendiri. Sehingga, proses pendidikan yang telah direncanakan dan dilaksanakan dapat diukur dan diketahui pengaruhnya. Hasil tersebut, akan mendorong guru dalam menyegarkan kembali strategi pembelajarannya hingga selalu berulang siklus tersebut.

Biografi Penulis

Idris Akbar Pramono, IAIN Ponorogo

Pendidikan Agama Islam

Lutfiatul Khasanah, IAIN Ponorogo

Pendidikan Agama Islam

Nur Kholis, Fakultas Tarbiyah IAIN Ponorogo

Pendidikan Agama Islam

Referensi

Abdul Majid & Dian Andayani. 2004. Konsep Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Menyusun Standar Kompetensi Guru. cetakan 7. Rosdakarya Pemuda. Bandung.

Afnil Guza, .2008. UU Sisdiknas dan UU Guru dan Dosen, Jakarta: Asa Mandiri

Tafsir, Ahmad 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ahmad, Zainal Arifin. 2012. Perencanaan dan Perancangan Pembelajaran Hingga Pelaksanaannya. Yogyakarta: Perpustakaan Intan.

Alisuf, M Sabri. 1999. Ilmu Pendidikan. (Jakarta: CV.Pedoman Ilmu Jaya).

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Ciputat Pers.

Arifin, M. 2000. Kapita Selecta Education (Islam and General), Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2017. Learning Evaluation of Principles, Techniques, Procedures. Bandung: Rosdakarya Youth.

Basyiruddin Usman, Islamic Religion Learning Methodology, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Brown, H-Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. London: Longman.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group.

Fatah Syukur. 2008. Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Proses Menengah. Jakarta: Kemendikbud, Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Marwiyah, St., Alauddin. 2015. Islamic Religious Education Learning Planning. Makassar: Eastern Script.

Mudhafir, Fadhlan. 2000. Crisis in Islamic Education, Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Munthe, Bermawi. 2012. Learning Design. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Nasir A. Baki. 2012. Islamic Religion Learning Methods, Makasar: Alauddin Press.

Permendiknas No. 41 of 2007 concerning Process Standards for Elementary and Secondary Education Units.Ramayulis. (2013). Teaching Profession and Ethics. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. 2016. COMBINATION Research Methods (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA

Suparno, Paul. 2001. Jean Piaget's Theory of Cognitive Development, Kanisius, Yogyakarta.

Tohirin. 2012. Qualitative Research Methods in Guidance and Counseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Uno, Hamzah B. 2006. Learning Planning. Jakarta: Earth Literacy.

Yaumi, Muhammad. 2013. Learning Design Principles. Jakarta: Kencana Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-05