VIDEO ANIMAKER: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MAHARAH KALAM DI PUSDIKLAT UNIDA GONTOR
Abstract
Pada penenlitian ini bertujuan untuk menciptakan inovasi baru dalam media pembelajaran interaktif sebagai alternatif media yang dapat digunakan dalam pembelajaran maharotul al-kalam atau kecakapan dalam berbicara pada website animaker yang ditujukan kepada peserta Pusdiklat Bahasa UNIDA Gontor yang terdiri dari siswa/i baik dalam maupun luar negeri. Dengan berkembangnya era teknologi dan dipadukan dengan inovasi tersebut, diharapkan agar para pendidik dapat meningkatkan kualitas dan kreatifitas pada system ngajar mengajar yang telah menurun pasca pandemi, sehingga dengan adanya penelitiaan ini dapat memberikan solusi sebuah media pembelajaran yang interaktif baik kepada pendidik maupun murid didik. Penelitian ini masih menggunakan tahap awal pada metode penelitian dan pengembangan, yang mana proses penelitiaannya terhenti pada desain produk tanpa adanya uji coba produk. Data penelitian tersebut kami peroleh melalui observasi dan studi literatul. Hasil penelitian berupa media pembelajaran Bahasa arab yang berbasis situs web yang disebut “Animaker”, sebuah inovasi media pembelajaran yang terdiri dari materi Maharotul kalam, dan maharotul qiro’ah. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Maharotul Kalam, Muhadatsah, Pusdiklat Unida Gontor, Video AnimakerDownloads
Submitted
2025-03-03
Published
2025-03-06