Reimagining Islamic Education In Primary Schools Based on the Book "Teach Like Finland" By Timothy D. Walker

Penulis

  • Krisna Wijaya
  • Mhd. Miftachuddin Rasyid Nasution
  • Muhammad Affan Wahyudi al-Fattah
  • Umrodi
  • Samsirin

Abstrak

Finlandia merupakan salah satu negara yang dinilai memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, terkhusus dalam sistem pendidikan dasarnya. Bahkan salah satu kota di Finlandia terkenal dengan julukan “The Athens of Finland” karena saking majunya pendidikan dasar di kota tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha membayangkan dan membangun kembali bentuk pembelajaran agama Islam di sekolah dasar Indonesia dengan mengambil nilai-nilai pembelajaran pendidikan dasar di negara Finlandia berdasarkan buku Teach Like Finland karya Timothy D. Walker. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan data-data primer dapat ditemukan melalui buku, majalah, dan jurnal yang tersedia secara online ataupun offline. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa model pembelajaran sekolah dasar di Finlandia menurut Timothy berfokus pada tiga hal, yaitu kesejahteraan anak, hubungan antara murid dan guru, dan kebebasan bagi murid. Semua konsep ini berlandaskan pada satu konsep dasar yang sama, yaitu pendidikan berbasis kebahagiaan. Karena ketika belajar membuat peserta didik bahagia, maka peserta didik akan mencintai proses pembelajaran itu sendiri. Inilah inti utama dari pengkajian ini untuk membayangkan dan merumuskan kembali konsep pembelajaran ideal pendidikan agama Islam di sekolah dasar berbasis kebahagiaan dalam buku Teach Like Finland karya Timothy D. Walker.  

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-06