Implementasi Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mendekskripsikan urgensi metode permainan dalam pembelajaran bahasa arab 2) mendeskripsikan metode permainan yang di gunakan guru di MDTA Nurul asri, 3) mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi penerapan metode permainan pada pembelajaran bahasa arab, 4) Mendeskripsikan sikap siswa terhadap metode permainan. Penelitian ini menggunakan mixed methods, dengan Strategi eksplanatoris sekuensial. teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu observasi analisis deskriptif. Hasil penelitian ini 1) Metode permainan menciptakan atmosfer pembelajaran yang berpengaruh kepada peserta didik seperti menimbulkan perasaan gembira dan sikap optimis. 2) Metode permainan yang di gunakan seperti metode permainan Meja Bernomor, Metode Terka aksi, Metode Permainan Siapa Dia, dan Metode permainan Menulis Kalimat Terpanjang. 3) faktor penghambat seperti pengadaan media yang tidak optimal, kondisi yang kurang kondusif. Penelitian ini berimplikasi terhadap pemilihan guru pada metode yang beragam menjadikan pembelajaran tidak menoton.References
Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(1), 1–8.
Arifin, A. (2017). Peranan Permainan Bahasa Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 302. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1005
Baroroh, R. U., & Tolinggi, S. O. R. (2020). Arabic Learning Base On A Communicative Approach In Non-Pesantren School/ Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif Di Madrasah Non-Pesantren. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8387
Fadhilah, A. V. (t.t.). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Media Permainan Bahasa.
Hefniy, S. S., Harmonis, M., & Safiah, S. (2020). Alat Permainan Edukasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Pada Anak Usia Dini. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 109–122.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Hestiningsih, I. (2019). Rancang Bangun Game Pembelajaran Bahasa Arab Dasar “Aladin†(Arabic Learning By Exploring) Dengan Konsep Petualangan Berbasis Android. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 14(3), 139. https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1311
Iqbal, M. (2020). Pengaruh Kemapuan Literasi Digital terhadap Kompetensi Profesional Guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare.
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103–113.
Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Afifa, S. K. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28–35.
Rihlasyita, W. R., & Rahmawati, R. D. (2022). Analisis Penerapan Metode Paikem Gembrot dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi: Analisis Penerapan Metode Paikem Gembrot dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi. Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 8(1), 40–55.
Sarwono, J. (2013). Mixed Methods Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset. Elex Media Komputindo.
SUYUTI, J. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.
Umaroh, R. (2021). Meningkatkan Good Mood Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain dan Bernyanyi di RAM NU 140 Paringan II Jenangan Ponorogo.