Relevansi Pemikiran Pendidikan Akhlak KH. Hasyim Asy’ari Dalam Pendidikan Islam
Abstract
References
Az Zarnuji. (2007). Ta’limul Muta’alim, terj. Aliy As‟ad, dalam Terjemah Ta’limul Muta’alim Bimbingan bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.
Abdul Qodir Jaelani. (2016). Menjadi Kekasih Allah, Terj. Masohan Ahmad. Yogyakaarta: Citra Media..
Abdul Karim Zaidân. (1988). Ushûl ad-Da‟wah: Mu‟assasah ar-Risalah, Beirut.
Asy’ari, Hasyim. (2018). Adabul ‘Alim wal Muta’alim. Jombang: Pustaka Tebuireng.
Abdan Rahim, A. S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islam Bebrbasis Pembiasaan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negri Kota Batu. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(3), 50–66. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1715
Agustin, I. T. dan N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1122
Arifin, A., & Karimah, G. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Madogiwa No Totto-Chan Perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 240–258. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1981
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.
El Iq Bali, M. M., & Fadli, M. F. S. (2019). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri. Palapa, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.164
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Gadi, E. M. S., Hanif, M., & Madyan, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan Telaah terhadap Progresivisme. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 24–35. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7769
Harimulyo, M. S., Prasetiya, B., & Muhammad, D. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 72–89. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253
Imam Al-Ghazali (1963). Ihya Ulumuddin (Terjemahan) (p. 1062).
Imam Fakhruddin Ar-Razi. (2019). Al-Firasah: Daliluka ila Ma’rifah Akhlaq an-Nas wa Thabai’ihim wa ka’annahum Kitabun Maftuh. (Terj. Fuad Syaifuddin, Kitab Firasat: Ilmu Membaca Sifat dan Karakter Manusia dari Bentuk Tubuhnya). Jakarta: Turos
Jacobus, E. C. H. dan A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(02), 25–29. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Kharlie, A. T. (2019). Literatur Pembelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Propinsi Banten. Tajdid, 26(1), 75. https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i1.320
Kholil, M. (2007). Etika Pendidikan Islam. Titian Wacana.
Machsum, T. (2016). Kepengayoman Terhadap Sastra Pesantren Di Jawa Timur (the Nurture of Pesantren Literature in East Java). METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 6(1), 90–100.
Mahali, A. M. (1984). Pembinaan Moral di Mata Al-Ghazali. In Yogyakarta: BPFE (Vol. 137). BPFE.
Martono. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam KH . Hasyim Asy ’ ari ( Perspektif Epistimologi Sosial Keagamaan Dan Konsep Pendidikan Islam Bagi Guru Dan Peserta Didik ). Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 40–45. https://garuda.kemdikbud.go.id/
Muhammad Asrori. (2018). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(3), 453–456. https://doi.org/10.1007/978-94-024-1267-3_843
Mustaqim, I. N. (2019). Etika belajar dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH Hasyim Asy’ari. http://eprints.walisongo.ac.id/10485/
Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028
Nurdin, I. F. (2015). Perbandingan Konsep Adab Menurut Ibn Hajar Al-’Asqalany dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 159. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.41.159-187
Qomaruddin. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), 88–100. http://ejournal.kopertais4.or.id/
Rokayah. (2015). Penerapan etika dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari 15. Terampil, 2, 15–33.
Sada, H. J., Firdaos, R., & Sari, Y. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Budaya Nemui Nyimah di Masyarakat Lampung Pepadun. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 311. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3632
Sahnan, A. (2019). Konsep Akhlak dalam Islam dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 99. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.658
Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167
Sholikhah, H. A. dan T. I. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa Di Panti Asuhan Darul Hadlanah Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 173. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.343
Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 1, 31–37. Journal.unj.ac.id
Subahri, S. (2015). Aktualisasi Akhlak Dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660
Sulhan, & Solichin, M. M. (2013). Etika Peserta Didik dalam Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Tadris, 8(2), 178–199.
Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460
Solahudin, Muhammad. (2017). Nahkoda Nahdliyyin. Kediri: ZAMZAM.
Shaleh. (2017). Asbabun Nuzul. Bandung: Diponegoro.
Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235. https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13
Tsa'di, R. (2016). Pentingnya Etika Dalam Pendidikan. Ta’dib, 17(2), 189. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.272
Windrati, D. K. (2011). Pendidikan nilai sebagai suatu strategi dalam. Jurnal Formatif, 1(1), 40–47.
Yasin, M. (2020). Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asyari tentang Etika Murid kepada Guru (Studi atas Pembentukan Karakter Siswa di SMP Maarif Sangatta Utara). Jurnal Al-Rabwah, XIV(2), 136–152. https://jurnal.staiskutim.ac.id/
Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.
Zaman, B. (2018). Pendidikan Akhlak Pada Anak Jalanan Di Surakarta. Jurnal Inspirasi, 2(2), 129–146.
Sosial Dan Ilmu Politik IX (2). https://doi.org/10.22146/jsp.11031.
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
Quthb, Muhammad. 1993. Manhaj Al-Tarbiyah al-Islamiyah. Kairo: Dar al-Syuruq.
Ridha, Muhammad Rasyid. 1990. Tafsir Al-Manar. Mesir: Hai’ah Mushriyyah ’Amah li Al-Kutub.
Sahidin, Amir. 2021. “Peran Sistem Mulazamah Dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam.” CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1 (3): 8. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i3.18.
———. 2022. Mujahid Tangguh Persiapan Ilmu Syar’i Dan Tsaqafi Bagi Para Mujahid. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.
Shihab, Quraish. 1996. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Yunus, Mahmud. n.d. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT Hidakarya Agung.