Implementasi Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Dinamika Pendidikan Pesantren Modern
Abstract
References
Anas, H. A. (2012). Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pesantren. Jurnal Cendekia, 10(1), 29-43. Ari Anggara, S. F., Ramdani Harahap, S. A., & Thoriq, A. (2022). Penanaman Nilai-nilai Panca Jiwa Dalam Mewujudkan Manajemen Sumber Daya Manusia yang Unggul. Inovator: Jurnal Manajemen, 11(1), 199-209. Ismail, S., Zahrudin, M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Pembentukan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 132-143. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Malatuny, Y. G. (2016, Oktober). Pemikiran Tokoh-Tokoh Pendidikan Indonesia, Kontribusinya Serta Implikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pedagogi dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 88-95. Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Kompetensi Guru. K-JTP, 8(1), 122-141. Muhajir, T. (2019). Inovasi Implementasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pondok Pesantren Modern Dalam Peningkatan Akhlak Santri. Jurnal Qathruna, 6(2), 49-70. Muhakamurrohman, A. (2014, Desember). Pesantren: Santri, Kiai dan Tradisi. Ibda' Jurnal Kebudayaan Islam, 12(2), 109-118. Ndawu, T. D. (2018). Konsep Tut Wuri Handayani Dalam Pembelajaran Praktik di SMKN 5 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (pp. 130-139). Yogyakarta. Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. Jurnal PKN Progresif, 15(1), 18-91. Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Suarakarta. Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendsah Bandung. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 17-37. Rosyid, R. (2010). Epistemologi Pragmatisme: Dalam Pendidikan Kita. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 7(1), 57-66. Sari, C. R., Rosyid, T. A., & Prestika, Y. (2019). Penerapan Sistem Among di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional PGSD. Tholib, A. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 60-66. Topan, M. (2021). Pragmatisme Dalam Pendidikan di Indonesia: Kritik dan Relevansinya. AL-IDRAK: Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 1, 16-26. Wangid, M. N. (2009). Sistem Among Pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 39(2), 129-140. Wardani, K. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Proceedings of The 4 International Conference Teacher Education: Join Conference UPI dan UPSI, (pp. 230-239). Bandung. Wijayanti, D., & Praheto, E. B. (2020). Eksplorasi Penerapan Sistem Among Ki Hajar Dewantara Melalui Pendekatan Pluralistik Dalam Pengelolaan Kelas di SD Negeri Timuran Yogyakarta. Jurnal Taman Cendekia, 4(1), 38-47. Wulandari, M. (2018). Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, (pp. 312-322). Cirebon. Zarkasyi, I. (1982). Serba Serbi Pondok Modern Darussalam Gontor. Ponorogo: Staf Sekretariat Pondok Modern Darussalam Gontor.