IMPLEMENTASI KUIS “TAGHYIIRU DHAMAAIR” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DAUROH ARABIC CAMP KELAS 2 MBS TRENGGALEK

Authors

  • Mandrasi Amira Sa’idah Universitas Darussalam Gontor
  • Yoga Arief Maulana Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Hizqil Waffa Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan elemen penting yang memengaruhi motivasi siswa dalam menguasai bahasa secara mendalam. Seiring perkembangan metode pembelajaran, pendekatan konvensional dianggap tidak lagi efektif, sehingga inovasi dalam metode pengajaran menjadi suatu kebutuhan. Pembelajaran bahasa Arab di MBS Trenggalek menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemahaman siswa, khususnya pada kemampuan mereka dalam mengubah dhamir (kata ganti) pada fi'il (kata kerja) dalam bentuk maadi (lampau) dan mudhari (sedang/akan datang), maka peneliti memberikan solusi pembelajaran dengan menggunakan kuis “taghyiiru dhamaair”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan kontribusi media kuis dalam pembelajaran Bahasa Arab. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan data utama yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media kuis "Taghyiru Dhamaair" meliputi: pembagian kelompok, permainan kartu dan rotasi soal acak di mana peserta diharuskan menyesuaikan bentuk fi'il dengan dhamir yang tepat dalam waktu terbatas, sistem poin dan sanksi. 2) Kontribusi signifikan penerapan kuis "Taghyiru Dhamaair" dalam pembelajaran bahasa Arab adalah melatih peserta berpikir cepat dan tepat dalam struktur bahasa, meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar yaitu dengan adanya reward dan sanksi peserta termotivasi untuk memahami materi lebih dalam dan aktif berpartisipasi, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dalam suasana yang kompetitif. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Kuis “taghyiiru dhamaair”, Arabic Camp

Downloads

Submitted

2025-03-03

Published

2025-03-06