Penerapan Metode Bermain dalam Pembelajaran Mufradat untuk Siswa Kelas 8 MTsN 2 Malang

Authors

  • Aulia Zahrotul Lillahi Rachman Hidayati
  • Laily Maziyah

Abstract

Melalui metode pembelajaran mufradat berbasis permainan, siswa dapat membentuk koneksi emosional dengan kosakata yang dipelajari, lebih termotivasi dan terlibat secara penuh dalam proses belajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan dalam pembelajaran mufradat untuk siswa kelas 8 MTsN 2 Malang berdasarkan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan dalam pembelajaran mufradat disajikan dalam tiga jenis permainan, yaitu; (1) tebak raga, (2) kuis estafet, dan (3) menjodohkan gambar dengan kata. Permainan tersebut dilakukan secara individu maupun kelompok dengan media pendukung berupa gambar dan kartu kata (flash card). Disamping itu, diantara sajian permainan yang diterapkan, seperti kuis estafet dilakukan dengan diiringi nyanyian berupa lagu anak. Permainan tebak raga dilakukan dengan memeragakan gambar yang ditunjuk oleh guru, kemudian siswa harus menebak mufradat pada gambar tersebut. Kuis estafet dilakukan dengan diiringi nyanyian sambil mempergilirkan penghapus papan tulis dari satu siswa ke siswa yang lain hingga lagu berhenti dan apabila di waktu yang bersamaan benda tersebut berhenti pada siswa yang terakhir kali memegangnya, maka siswa tersebut diberi pertanyaan terkait mufradat pada bab yang dipelajari. Permainan menjodohkan gambar dengan kata dilakukan dengan cara siswa secara berkelompok diminta untuk mencocokkan gambar berwarna dan kartu kata berisikan mufradat. Sistem poin digunakan sebagai bentuk penilaian hasil kerja kelompok yang dapat menyelesaikan permainan dengan kriteria kebenaran dan kecepatan.

Downloads

Published

2024-03-06