Analisis Nilai-Nilai Progresif dalam Pendidilan Keputrian (Nisaiyyah) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1

Penulis

  • Sintya Kartika Prameswari Universitas Darussalam Gontor
  • M. Syahrul Anwar UIN Malang
  • Abu Darda Universitas Darussalam Gontor

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang kemampuan santriwati dalam penerapan nilai-nilai keputrian di pesantren. Pesantren sebagai tempat lembaga pendidikan yang bersistemkan asrama memiliki motif kurikulum serta extrakulikuler yang berbeda-beda. Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri 1 merupakan salah satu lembaga yang menerapkan pendidikan nilai-nilai keputrian (Nisaiyyah) kepada santriwatinya. Pendidikan tersebut membentuk mental dan moral santriwati yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berfikiran bebas, seperti Motto Pondok Modern Darussalam Gontor. Kepribadian inilah yang terlahir dari jiwa-jiwa santriwati sebagai harapan masa depan. Pendidikan nilai-nilai keputrian mengajarkan beberapa konsep kepribadian yang unggul. Dewasa ini, pengajaran di lembaga pendidikan memilih untuk  mengedepankan teoritis bukan halnya praktis. Maka, dari artikel ini penulis ingin mencoba membahas nilai-nilai progresif dalam pendidikan keputrian (Nisaiyyah) secara teoritis dan praktis. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus, yaitu suatu pendekatan untuk mempelajari, menerangkan, atau menginterpretasikan suatu kasus dalam konteksnya secara natural tanpa adanya intervensi pihak eksternal. Penelitian ini bermakna tela’ah secara mendalam pada suatu kasus. Maka, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan pada pribadi santriwati dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan adanya pelatihan nilai-nilai keputrian di Asrama, keikutsertaan diri santriwati dalam kegiatan extrakulikuler maupun intrakulikuler menjadikan kepribadian yang komitmen.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2023-05-15

Diterbitkan

2023-05-05