Kontribusi Mahasantri Sebagai Agent Of Change Dalam Transformasi Pendidikan Islam Di Era Digital Learning
Abstract
Mahasantri merupakan sekelompok generasi bangsa yang memiliki pemikiran intelektual juga berkewajiban meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia. Seorang Mahasantri telah dibekali ilmu dan keahlian yang tertanam dalam setiap individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kontribusi, Peran dan Fungsi Mahasantri sebagai pengembangan intelektual Mahasantri didunia Pendidikan dalam membentuk sebuah perubahan di era digital learning. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data Pustaka, membaca, dan mencatat bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seorang Mahasantri sebagai Agent of Change serta memiliki pemikiran intelektual yang efektif dan strategis agar menjadikan seseorang bermanfaat bagi Masyarakat juga bertanggung jawab atas pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam hal ini mahasantri dituntut untuk menjadi tauladan atau uswatun hasanah yang menjadi tolak ukur generasi yang akan datang. Hasilnya adalah Kontribusi apa saja yang diberikan oleh Mahasantri sebagai Agent of change, bahwa penguasaan intelektual Pendidikan sangat berpengaruh bagi para pelajar untuk tetap eksis di era digital learning. Dengan demikian, Mahasantri diharapkan dapat menyongsong generasi yang akan datang dalam mengembangkan kualitas Pendidikan dan meminimalisir turunnya Pendidikan pada masa kini. Keyword: Mahasantri, Agent of Change, Transformasi Pendidikan Islam, Era Digital LearningDownloads
Submitted
2025-01-20
Accepted
2025-01-21
Published
2025-03-06