Relevansi Pemikiran Pendidikan Akhlak KH. Hasyim Asy’ari Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Resky Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

Abstract

Dalam pendidikan untuk mencapai tujuan yang sempurna membutuhkan seorang akhlak yang mulia. Kurangnya perhatian dalam proses pendidikan menjadi masalah utama dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini menjelaskan konsep-konsep moral yang perlu kita terapkan dalam pembelajaran, agar ilmu yang dicapai dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan menjadi pribadi yang berakhlak baik sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an. Metode penelitian ini adalah penelitian perpustakaan yang merupakan penelitian tinjauan pustaka dengan mengumpulkan berbagai sumber, menganalisis implikasinya terhadap permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan akhlak dan relevansinya dalam konsep pendidikan yang dikemukakan oleh KH. Hasyim Asy'ari bagaimana memiliki karakter yang baik kepada Allah, kepada guru dan sesama makhluk Allah. Sebagai rekomendasi dalam penelitian ini, pihak-pihak yang mengikuti pendidikan khususnya bagi seorang mahasiswa harus mengamalkan akhlak dalam pembelajaran yang dikemukakan oleh KH. Hasyim Asy'ri agar berhasil meraih kesuksesan dalam belajar, sehingga ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat. Temuan ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk bersikap bermoral kepada Tuhan, bermoral kepada guru, dan bermoral kepada sesama makhluk dalam belajar.Penelitian ini berimplikasi pada perancangan peserta didik yang ideal berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits serta pandangan para ulama dalam mencapai hasil pembelajaran yang ideal dan komprehensif       

References

Az Zarnuji. (2007). Ta’limul Muta’alim, terj. Aliy As‟ad, dalam Terjemah Ta’limul Muta’alim Bimbingan bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.

Abdul Qodir Jaelani. (2016). Menjadi Kekasih Allah, Terj. Masohan Ahmad. Yogyakaarta: Citra Media..

Abdul Karim Zaidân. (1988). Ushûl ad-Da‟wah: Mu‟assasah ar-Risalah, Beirut.

Asy’ari, Hasyim. (2018). Adabul ‘Alim wal Muta’alim. Jombang: Pustaka Tebuireng.

Abdan Rahim, A. S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islam Bebrbasis Pembiasaan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negri Kota Batu. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(3), 50–66. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1715

Agustin, I. T. dan N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1122

Arifin, A., & Karimah, G. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Madogiwa No Totto-Chan Perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 240–258. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1981

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.

El Iq Bali, M. M., & Fadli, M. F. S. (2019). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri. Palapa, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.164

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Gadi, E. M. S., Hanif, M., & Madyan, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan Telaah terhadap Progresivisme. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 24–35. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7769

Harimulyo, M. S., Prasetiya, B., & Muhammad, D. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 72–89. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253

Imam Al-Ghazali (1963). Ihya Ulumuddin (Terjemahan) (p. 1062).

Imam Fakhruddin Ar-Razi. (2019). Al-Firasah: Daliluka ila Ma’rifah Akhlaq an-Nas wa Thabai’ihim wa ka’annahum Kitabun Maftuh. (Terj. Fuad Syaifuddin, Kitab Firasat: Ilmu Membaca Sifat dan Karakter Manusia dari Bentuk Tubuhnya). Jakarta: Turos

Jacobus, E. C. H. dan A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(02), 25–29. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Kharlie, A. T. (2019). Literatur Pembelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Propinsi Banten. Tajdid, 26(1), 75. https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i1.320

Kholil, M. (2007). Etika Pendidikan Islam. Titian Wacana.

Machsum, T. (2016). Kepengayoman Terhadap Sastra Pesantren Di Jawa Timur (the Nurture of Pesantren Literature in East Java). METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 6(1), 90–100.

Mahali, A. M. (1984). Pembinaan Moral di Mata Al-Ghazali. In Yogyakarta: BPFE (Vol. 137). BPFE.

Martono. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam KH . Hasyim Asy ’ ari ( Perspektif Epistimologi Sosial Keagamaan Dan Konsep Pendidikan Islam Bagi Guru Dan Peserta Didik ). Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 40–45. https://garuda.kemdikbud.go.id/

Muhammad Asrori. (2018). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(3), 453–456. https://doi.org/10.1007/978-94-024-1267-3_843

Mustaqim, I. N. (2019). Etika belajar dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH Hasyim Asy’ari. http://eprints.walisongo.ac.id/10485/

Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028

Nurdin, I. F. (2015). Perbandingan Konsep Adab Menurut Ibn Hajar Al-’Asqalany dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 159. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.41.159-187

Qomaruddin. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), 88–100. http://ejournal.kopertais4.or.id/

Rokayah. (2015). Penerapan etika dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari 15. Terampil, 2, 15–33.

Sada, H. J., Firdaos, R., & Sari, Y. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Budaya Nemui Nyimah di Masyarakat Lampung Pepadun. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 311. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3632

Sahnan, A. (2019). Konsep Akhlak dalam Islam dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 99. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.658

Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167

Sholikhah, H. A. dan T. I. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa Di Panti Asuhan Darul Hadlanah Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 173. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.343

Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 1, 31–37. Journal.unj.ac.id

Subahri, S. (2015). Aktualisasi Akhlak Dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660

Sulhan, & Solichin, M. M. (2013). Etika Peserta Didik dalam Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Tadris, 8(2), 178–199.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Solahudin, Muhammad. (2017). Nahkoda Nahdliyyin. Kediri: ZAMZAM.

Shaleh. (2017). Asbabun Nuzul. Bandung: Diponegoro.

Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235. https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13

Tsa'di, R. (2016). Pentingnya Etika Dalam Pendidikan. Ta’dib, 17(2), 189. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.272

Windrati, D. K. (2011). Pendidikan nilai sebagai suatu strategi dalam. Jurnal Formatif, 1(1), 40–47.

Yasin, M. (2020). Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asyari tentang Etika Murid kepada Guru (Studi atas Pembentukan Karakter Siswa di SMP Maarif Sangatta Utara). Jurnal Al-Rabwah, XIV(2), 136–152. https://jurnal.staiskutim.ac.id/

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Zaman, B. (2018). Pendidikan Akhlak Pada Anak Jalanan Di Surakarta. Jurnal Inspirasi, 2(2), 129–146.

Sosial Dan Ilmu Politik IX (2). https://doi.org/10.22146/jsp.11031.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Quthb, Muhammad. 1993. Manhaj Al-Tarbiyah al-Islamiyah. Kairo: Dar al-Syuruq.

Ridha, Muhammad Rasyid. 1990. Tafsir Al-Manar. Mesir: Hai’ah Mushriyyah ’Amah li Al-Kutub.

Sahidin, Amir. 2021. “Peran Sistem Mulazamah Dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam.” CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1 (3): 8. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i3.18.

———. 2022. Mujahid Tangguh Persiapan Ilmu Syar’i Dan Tsaqafi Bagi Para Mujahid. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Shihab, Quraish. 1996. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Yunus, Mahmud. n.d. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Downloads

Published

2023-05-05