Ethics of Communication on Social Media in The Perspective of The Interpretation of Ibn Kathir

Penulis

  • Haerudin Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Iyad Suryadi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Helmawati Helmawati Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/studiaquranika.v10i1.14805

Kata Kunci:

Communication Ethics, Tafsir Ibn Kathir, Social Media

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengethaui etika komunikasi dalam di media sosial dalam persfektif tafsir Ibnu Katsir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan telaah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan datanya dengan dokmentasi, observasi,. Sedangkan Anlaisis datanya dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa etika komunikasi dalam media sosial diantaranya terdapat pada surat An Nisaa ayat 3, surat al hujarat ayat 6, 11, dan 13.  Ibnu Kastiir dalam tafsirnya mengatakan  etika dalam bermedia sosial diantaranya Menganjurkan berkata yang baik dalam bermedia sosial juga mencerminkan karakter dan kepribadian seseorang, mengedepankan etika tabayun, yakni meneliti setiap berita yang diterima sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dari berbagai pihak dan tidak akan terjadi permusuhan di dalam masyarakat. Menghormati dan menghargai orang lain, yakni dengan tidak memperolok-olokannya dan tidak merendahkannya serta tidak memanggil dengan suatu panggilan yang buruk, sehingga menyakiti hati dan perasaan orang lain. Larangan berburuk sangka dan ghibah, yakni tidak melakukan prasangka terhadap orang lain yang belum tentu prasangka itu benar adanya, serta tidak berkata-kata yang buruk terhadap orang lain meskipun itu ada padanya, karena itu merupakan suatu perbuatan yang tercela dan merusak martabat orang lain. Persamaan Derajat, yakni bahwal semua manusial disisi Allahl itu samal dan yangl membedakannya adalahl ketakwaanya kepada Allah Swt.

Referensi

Abidin, Kurniati and Wandi Wandi, "Communication Ethics Between Students and Lecturers in Academic Interaction through Digital Media," MEDIALOG: Journal of Communication Studies 6, no. 1 (2023), https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.2672.

Al Bukhari, Imam. Shahih Bukhari, Da’wah Rights, 2010)

Al-Qaththan, Syaikh Manna, Pengantar Studi Ilmu AlQur’an, Pustaka Al Kautsar, 2006.

Aminulah, Muhammad, “Etika Komunikasi Dalam Al-Quran,” Jurnal Al-Bayan 25, no. 1 (2019).

Darimi, Abu Muhammad abdullah ad. Sunan Ad Darimi, Pustaka Ansoru sunnah, 2009.

Des, Bukhari and Taufik Hidayat, "Islamic Communication Ethics in the Book of Fiqhul Akhlak Wal Muamalat Bainal Mukminin Mushthafā al-'Adawī," Bashirah: Journal of Islamic Communication and Broadcasting 4, no. 1 (2023), https://doi.org/10.51590/bashirah.v4i1.303.

Farouqy, AR MIFTAH Al, and M Fahrur Ridla. “Etikam Komunikasi Media Sosial Perspektif Hadis (Kajian Living Sunnah).” Wardah 23, no. 2 (2022). https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.7536.

Fatma, Siti Nadia. Etika Bermedia Sodial Dalam Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 6,11-13 Dan Relevasinya Dengan Pembentukan Akhlakul Karimah. Skripsi, 2022).

Hamka. Tafsir Al Azhar, Pustaka Nasionla,2003.

Harani, Amalia, Etika Komunikasi Di Media Sosial Dalam Perspektif Al- Qur ’ an,” Skripsi, 2022.

Husnah. Z. Etika Penggunaan Media Sosial Dalam Al-Qur’an Sebagai Alat Komunikasi Si Era Digitalisasi.AL-MUTSLA 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.46870/jstain.v1i2.14.

Ibnu Katsir, Al-Hafizh. Tafsir Ibnu Katsir, Pustaka Imam Syafii, 2008.

Ihsani, A. Fikri Amiruddin and Novi Febriyanti, "Communication Ethics as Virtual Piety Control in Public Media Behavior in the Digital Era," Al Azhar Indonesia Journal of Social Studies Series 2, no. 1 (2021), https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i1.512.

Joyontono, Puncak dkk. Metode Penelitian, CV. Pustaka Ilmu Grup, 1967.

Katsir, Ibnu. Al Bidayah Wa An Nihayah, Pustaka Imam Syafii, 2010.

Maliki, Maliki. “Tafsir Ibn Katsir: Metode Dan Bentuk Penafsirannya.” El-’Umdah 1, no. 1 (2018): 74–86. https://doi.org/10.20414/el-umdah.v1i1.410.

Muhammad Syu'aib Taher and Masrap Masrap, "Cultural Communication Ethics Education through Social Media Based on the Qur'an," Alim | Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2019), https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.119.

Naingolan, Annisa Erina and Kartini, “Istilah Etika , Pengertian Etika Komunikasi , Dan Etika Komunikasi,” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 (2024).

Nawawi, Imam. Terjemah Shahih Muslim Bi Syarhin Nawawi,(Penerbit Mustaqim, 1994).

Rofahiyyatul Hayyiah et al., "COMMUNICATION ETHICS IN SOCIAL MEDIA PERSPECTIVE OF THE QURAN (A STUDY OF ANALYTICAL INTERPRETATION IN THE BOOK OF CONTEMPORARY INTERPRETATION)," Journal of Religious Studies and Da'wah 2 (2023)

Sahir, Syafrida Hafni. Metodologi Penelitian, KBM Indonesia, 2022.

Shobuni, Syeihk Ali Ash. Al Tibyan Fi Ullom Ul Quran, Maktabah Busyro, 2011.

Sihab, Quraish. TAFSIR AL-MISHBAH, Lentera hati,2015.

Siti Nadia Fatma, "Social Media Ethics in the Qur'an Surah Al-Hujurat Verses 6,11-13 and Its Relevance to the Formation of Moral Karimah," Thesis, 2022, 40

Sunaryanto. MEMBACA ULANG METODOLOGI TAFSIR IBNU KATSIR DALAM MENAFSIRKAN AL-QUR’AN. El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 16, no. 07 (2022): 57–75.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2025-07-14

Diterima

2025-08-04

Diterbitkan

2025-08-06

Cara Mengutip

Haerudin, H., Suryadi, I., & Helmawati, H. (2025). Ethics of Communication on Social Media in The Perspective of The Interpretation of Ibn Kathir. Studia Quranika, 10(1), 113–130. https://doi.org/10.21111/studiaquranika.v10i1.14805

Terbitan

Bagian

Articles