Classical Insights, Contemporary Relevance: Understanding Tafsir bi-al-Mathur in Quranic Studies
DOI:
https://doi.org/10.21111/studiaquranika.v9i2.12989Kata Kunci:
QurʾÄnic Exegesis, Tradition-based Exegesis, TafsÄ«r-bi -al-maʾthÅ«r, TaʾwÄ«l, Prophet, Companions, SuccessorsAbstrak
Makalah ini mengeksplorasi tafsÄ«r bi-al-maʾthÅ«r, atau penafsiran Al-Qur’an berbasis tradisi, dengan menelaah elemen-elemen inti, keragaman interpretasi, dan relevansinya dalam konteks historis maupun kontemporer. Didefinisikan melalui ketergantungannya pada Al-Qur’an itu sendiri, tradisi kenabian (sunnah), serta interpretasi dari para Sahabat dan Tabi‘in, tafsÄ«r bi-al-maʾthÅ«r menjadi landasan utama dalam keilmuan Islam untuk menjaga makna asli Al-Qur’an. Namun, ketergantungan metode ini pada sumber-sumber awal menimbulkan pertanyaan mengenai daya adaptasinya terhadap isu-isu etika, hukum, dan sosial yang dihadapi oleh masyarakat Muslim masa kini. Melalui analisis kualitatif, penelitian ini menyelidiki metode interpretatif utama dalam tafsÄ«r bi-al-maʾthÅ«r, termasuk tafsÄ«r al-QurʾÄn bi-l-QurʾÄn (penafsiran Al-Qur’an melalui ayat-ayat Al-Qur’an), tafsÄ«r bi-l-ḥadÄ«th (penafsiran berdasarkan hadits Nabi), serta interpretasi dari para Sahabat dan Tabi‘in. Dengan menempatkan metode-metode ini dalam kerangka teoritis tafsÄ«r dan taʾwÄ«l, makalah ini menunjukkan bagaimana tafsÄ«r bi-al-maʾthÅ«r mempertahankan keaslian Al-Qur’an sekaligus menawarkan wawasan terkait relevansinya bagi aplikasi kontemporer. Penelitian ini berkontribusi pada studi Al-Qur’an dengan menegaskan bahwa tafsÄ«r bi-al-maʾthÅ«r adalah pendekatan yang tangguh dan adaptif, menjaga kesetiaan pada teks-teks mendasar sambil menawarkan fleksibilitas interpretatif dalam diskursus Islam modern.Referensi
Abduh, Mohammed. Tafsir Al-Qur’an al-Karim: Tafsir al-Manar. oj, 1947.
AbÅ« ḤayyÄn. Al- Baḥr al-MuḥīṠFi al-TafsÄ«r. Vol. 1. Cairo: Maá¹bÊ¿a al- SÊ¿Ädah, 1328.
Al- ṬusÄ«, AbÅ« JÊ¿afar. Al- TibyÄn FÄ« TafsÄ«r al -QurʾÄn. Nazaf: Al- Maá¹bÊ¿a al-Ê¿Ilmiyyah, 1958.
Albayrak, İsmail. Klâsik Modernizmde Kur’ân’a Yaklaşımlar. Ensar neşriyat, 2004.
Albayrak, Ismail. “Qur’anic Narrative and Isra’iliyyat in Western Scholarship and in Classical Exegesis.†Phd, University of Leeds, 2000. https://etheses.whiterose.ac.uk/507/.
Ali, Amer Zulfiqar. “A Brief Review of Classical and Modern Tafsir Trends and Role of Modern Tafasir in Contemporary Islamic Thought.†Australian Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (November 14, 2018): 39–52. https://doi.org/10.55831/ajis.v3i2.87.
Al-Qaá¹á¹Än, MannÄÊ¿. MabÄḥith FÄ« Al-Ê¿ulÅ«m al-QurʾÄn. Riyad, Saudi: Maktabat al-MaÊ¿Ärif, 2000.
Al-ṬabarÄ«, AbÅ« JaÊ¿far Muḥammad ibn JarÄ«r. JÄmiÊ¿ Al-BayÄn Ê¿an TaʾwÄ«l Ä€y al-QurʾÄn. Edited by MaÃŽmÙd Muḥammad and Aḥmad Muḥammad ShÄkir. Vol. I. Cairo: DÄr al-MaÊ¿Ärif, n.d.
Baljon, Johannes Marinus Simon. Modern Muslim Koran Interpretation:(1880-1960). Brill Archive, 1961.
Berg, Herbert. The Development of Exegesis in Early Islam: The Authenticity of Muslim Literature from the Formative Period. Routledge, 2013.
Biesterfeldt, Hinrich. “Review of John Wansbrough, Quranic Studies. Sources and Methods of Scriptural Interpretation, Oxford 1977.†In Kleine Schriften by Josef van Ess (3 Vols), 1725–35. Brill, 2018.
Bushra, Mariam, and Shahzadi Pakeeza. “The Rise of Neo-Modernism and Contextual Approach to QurʼÄnic Interpretation by Neo-Modernist Scholars.†Majallah-e-Talim o Tahqiq 4, no. 3 (September 30, 2022): 50–67. https://ojs.cer.edu.pk/index.php/mtt/article/view/252.
Coruh, Hakan. “Tradition, Reason, and Qur’anic Exegesis in the Modern Period: The Hermeneutics of Said Nursi.†Islam and Christian–Muslim Relations 28, no. 1 (2017): 85–104.
Demirci, Muhsin, and Tefsir Tarihi. “İFAV Yay,†2003.
Denffer, Ahmad Von. Ulum al Qur’an: An Introduction to the Sciences of the Qur’an (Koran). Kube Publishing Ltd, 2015.
DhahabiÄ«, Ḥussain. Al-TafsÄ«r Wa al- MufassirÅ«n. Vol. 1. Cairo: DÄr al -kutub al ḤadÄ«th, 1961.
Dogan, Recep. Usul al Tafsir: The Sciences and Methodology of the Qur’an. Tughra Books, 2014.
Faraz, Muhammad Samiullah, and Syeda Asiya. “Impact of the Contextual Approach on the Qur’Änic Interpretations: An Analytical Study.†Jihat Ul Islam 14, no. 1 (2020): 1–20.
Goldziher, Ignaz. Introduction to Islamic Theology and Law. Princeton University Press, 1981.
Ḥussain, Ê¿AlÄ« al- á¹¢agÄ«r. Al- MabÄdiʾ al-Ê¿Ämma Li TafsÄ«r al- QurʾÄn. BayrÅ«t: DÄr al- Muʾarrikh al- Ê¿ArabÄ«, 2000.
Ibn Manẓūr. LisÄn Al-Ê¿Arab. Vol. V. BayrÅ«t: DÄr á¹¢Ädir, 1955.
Ibn SaÊ¿d. Al-ṬabaqÄt al-KubrÄ. Vol. II. 8. BayrÅ«t: DÄr á¹¢Ädir, 1957.
Ibn Taymiyyah. Majmūʿat Al-RasÄʾil Wal-MasÄʾil. Vol. XIII. BayrÅ«t: DÄr al-Kutub al-Ê¿Ilmiyyah, 1983.
———. Muqaddimah Fī ʾUṣul Al-Tafsīr, Ed. Adnan Zarzour. 2nd ed. Bayrūt, 1392.
Jansen, Johannes JG. The Interpretation of the Koran in Modern Egypt. Brill Archive, 1980.
Lane, Edward William. Lexicon, Arabic–English. Vol. 1. New York: Ungar Pub. Co, 1955.
———. Lexicon,Arabic–English. Vol. IV. New York: Ungar Pub. Co, 1955.
MÄturÄ«dÄ«, AbÅ« Manṣūr al-. TʾawÄ«lÄt ʾAhl Al-Sunna,. Iraq: WajÄra al ʾawqÄf, 1404.
MaÊ¿rifat, Muḥammad HÄdÄ«. Al-TafsÄ«r Wa-al-MufassirÅ«n FÄ« Thawbihi al-QashÄ«b. Vol. II. Mashhad: al-JÄmiÊ¿ah al-Raá¸wiyyah li al-Ê¿UlÅ«m al-IslÄmiyyah, 1997.
McAuliffe, Jane Dammen. “Interpretation of the Qur’ân.†With Reverence for the Word: Medieval Scriptural Exegesis in Judaism, Christianity, and Islam, 2003, 311.
McAuliffe, Jane Dammen 1944-. QurʼÄnic Christians: An Analysis of Classical and Modern Exegesis. Cambridge: Cambridge University Press, 1991.
Monnot, Guy. “Jane DAMMEN MCAULIFFE, Qur’Änic Christians. An Analysis of Classical and Modern Exegesis, Cambridge, Cambridge University Press, 1991, 23, 5 x 16 Cm., XII+ 340 Pp.†Arabica 39, no. 3 (1992): 404–5.
Muḥammad al-KhuÄarÄ«. TÄrÄ«kh Al-TashrÄ«. BayrÅ«t: DÄr al-Fikr al-Ê¿ArabÄ«, 1992.
Nursi, Badiuzzaman Said al-. “The Letters: Epistles on Islamic Thought, Belief and Life.†Terj. Huseyin Akarsu). New Jersey: The Light Inc, 2007.
Nursi, Said. Signs of Miraculousness: The Inimitability of the Qur’an’s Conciseness. Barla Publications, 2015.
PAÇACI, Mehmet. “Klasik Tefsir Neydi?†İslâmî İlimler Dergisi 1, no. 3 (2007): 7–20.
Paçacı, Mehmet. Çağdaş Dönemde Kur’an’a ve Tefsire Ne Oldu? Klasik, 2008.
Pakeeza, Dr Shahzadi, and Mariam Bushra. “The Idea of Context and Contextual Qur’anic Interpretation.†Al-Qaná¹ara 8, no. 4 (December 30, 2022): 222–35. http://alqantarajournal.com/index.php/Journal/article/view/185.
Philips, Abu Ameenah Bilal. Usool At-Tafseer: The Methodology of Qur’anic Interpretation. International Islamic Publishing House, 2005.
Qadhi, Yasir. An Introduction to the Sciences of the Qur’aan. Al-Hidaayah Publishing and Distribution, 1999.
Rippin, Andrew. “Interpreting the Bible through the Qur’Än.†In Approaches to the Qur’an, 249–59. Routledge, 2005.
SÄbÅ«nÄ«, Muḥammad ‘AlÄ«. Al- TibyÄn FÄ« Ê¿ulÅ«m al-QurʾÄn. BayrÅ«t: Ê¿Alam al-kutub, 1995., 1995.
———. Al-TibyÄn f Ä« ‘UlÅ«m al-Qur’Ān. Pakistan: Al-Bushra Publishers, 2011.
Saeed, Abdullah. Interpreting the Qurʾan: Towards a Contemporary Approach. Reprinted. London: Routledge, 2006.
Siregar, Ferry. “EXPLORING METHODOLOGICAL ASPECTS OF LINGUISTIC IN THE QURAN AND ITS TAFSIR.†RELIGIA 15 (October 3, 2017). https://doi.org/10.28918/religia.v15i1.119.
Stewart, Devin. “FARID ESACK, The Quran: A Short Introduction (Oxford: Oneworld, 2002). Pp. 192. $15.95 Paper.†International Journal of Middle East Studies 36, no. 4 (2004): 682–84.
SuyÅ«tÄ«, JalÄl al- dÄ«n. Al-ʾItqÄn FÄ« Ê¿ulÅ«m al -QurʾÄn. Karachi: Darul ʾIshÄÊ¿at, 2008.
SuyÅ«tÄ«, JalÄl al- dÄ«n Al. Al-ʾItqÄn FÄ« Ê¿ulÅ«m al -QurʾÄn. Muḥammad Abu al-Faá¸l IbrÄhÄ«m. Vol. IV. 4 vols. Cairo, 1967.
Troudi, Khaled. “Qurʾanic Hermeneutics with Reference to Narratives: A Study in Classical Exegetical Traditions,†2011.
Von Denffer, Ahmad. Ê»UlÅ«m Al-QurʼÄn: An Introduction to the Sciences of the QurʼÄn. Nigeria: Islamic Foundation, 2011.
ZarkashÄ«. Al-BurhÄn FÄ« al-Ê¿ulÅ«m al-QurʾÄn. Vol. II. BayrÅ«t: DÄr al-Fikr, 1988.
ZubaydÄ«, Murtaá¸Ä al-. TÄj al Ê¿arus Min JawÄhir Al-QÄmÅ«s. Vol. III. BayrÅ«t: DÄr al-Kutub al-Ê¿Ilmiyyah, 2006.
ZurqÄnÄ«. ManÄhil al Ê¿IrfÄn FÄ« Al- Ê¿UlÅ«m al -QurʾÄn. Vol. I. BayrÅ«t: DÄr al-Kutub al-Ê¿Ilmiyyah, 1988.
———. ManÄhil al Ê¿irfÄn FÄ« Al- Ê¿ulÅ«m al -QurʾÄn. Vol. II. Cairo: DÄr al- ḤadÄ«th, 2001.
ʾArthar JafrÄ«. MuqaddamatÄn FÄ« Al- Ê¿ulÅ«m al -QurʾÄn. BagdÄd: Maá¹bÊ¿a al- Sunna al- Muḥammadiyya, 1954.
Ê¿AsqalÄnÄ«, Ibn Ḥajar al-. Fatḥ Al-BÄrÄ«, Sharḥ ‚ á¹¢aḥīḥ al-BukhÄrÄ«. Vol. I. BayrÅ«t: DÄr al-Kutub al-Ê¿Ilmiyyah, 1997.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Studia Quranika: Jurnal Studi Quran

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








