ANALISIS PARADIPLOMASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN VICTORIA MELALUI KONSEP AT-TA’AWUN DALAM PENINGKATAN SEKTOR PENDIDIKAN TAHUN 2017-2019

DOI:

https://doi.org/10.21111/mediasi.v3i2.5753

Authors

  • Raden Adityawarman University of Darussalam Gontor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana paradiplomasi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Victoria dalam peningkatan sektor pendidikan. Melalui kegiatan education expo, sister school dan educational exchange Daerah Istimewa Yogyakarta senantiasa meningkatkan sektor pendidikannya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui interaksi paradiplomasi dari kegiatan yang telah dilakukan Yogyakarta dalam peningkatan sektor pendidikan dengan ditinjau menggunakan konsep at-ta’awun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan data dari buku, jurnal, interview dan data-data yang diperoleh dari instansi pemerintah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang digunakan oleh Yogyakarta tidak terlepas dari interaksi paradiplomasi yang dapat meningkatkan sektor pendidikannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama di bidang pendidikan baik secara mandiri sebelum adanya MoU sister province dengan Victoria, ataupun yang melibatkan pemerintah daerah setelah penandatangannya. Peningkatan itu dilihat dari adanya kerjasama di sektor pendidikan antar sekolah hingga perguruan tinggi seperti pertukaran pelajar, pembelajaran bahasa hingga budaya. Kemudian daripada itu, adanya peningkatan pada sektor pendidikan Yogyakarta merupakan investasi jangka panjang untuk mencetak generasi muda yang berpendidikan.Kata Kunci: Paradiplomasi, At-Ta’awun, Pendidikan
Read More

Submitted

2021-03-08

Accepted

2021-03-08

Published

2020-12-07