PERBANDINGAN STRATEGI KEBIJAKAN EKSPOR KOPI INDONESIA DAN VIETNAM DI PASAR EROPA TAHUN 2012-2019

Authors

  • Choirinnisa Navisatus Shalechah University of Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/mediasi.v2i2.5734

Abstract

bahan makanan, minuman dan berbagai macam obat kesehatan. Dalam satu dekade ini kopi sudah menjadi bagiam dari gaya hidup masyarakat dunia dan menjadi favorit di berbagai kalangan masyarakat. Kopi dibudidayakan lebih dari di-50 negara, diantaranya adalah Indonesia dan Vietnam ynag mengekspor lebih dari 1 juta ton/tahun. Pasar kopi potensial dan dinamis adalah pasar Eropa, yang merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi dunia dan populer dengan budaya minum kopinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah studi Komparatif dengan Metode analisis Porter Diamond Theory dan Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oppourtunity, Threat).  Hasil analisis dari komparasi daya saing ekspor kopi Indonesia dan Vietnam ke pasar Eropa menunjukkan bahwa, kedua negara memiliki keunggulan kompetitif pada produk kopi diatas rata-rata pasar kopi dunia. Hasil analisis dari Porter Diamond Theory menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan pada faktor keragaman kopi khas daerah Indonesia dengan daya saing tinggi dan faktor kondisi terkait sumber daya alam, sehingga Indonesia populer dengan sabuk kopi “The Coffee Belt”. Kelemahan Indonesia terletak pada faktor kondisi terkait SDM, IPTEK serta ketersediaan infrastruktur. Adapun kopi Vietnam memiliki keunggulan pada faktor produksi yang melimpah dengan harga yang rendah dan keagresifan Vietnam dalam mencari pasar Internasional. Kelemahan Vietnam terletak pada faktor kondisi IPTEK, SDA dan SDM, Varietas kopi yang monotonic, ketersediaan infratsruktur dan banyak kesenjangan antar petani. Kata Kunci : Kopi, Indonesia, Vietnam, Daya Saing, Porter Diamond Theory, Pasar Eropa.

References

Adrian Sutedi SH, M. (2014). Hukum Eskpor Impor. Jakarta: Raih Asa Sukses. Advanture, S. (2019, April 25). kebun kopi Indonesia palis luas di dunia. Retrieved Februari 28, 2020, from Super Advanture.co.id: https://www.superadventure.co.id/news/19846/kebun-kopi-di-indonesia- paling-luas-di-dunia-berikut-3-fakta-menariknya/, aeki. (2016). bersatu bekerja berkarya untuk kopi indonesia berjaya. Retrieved agustus 13, 2020, from aeki.org: http://www.aeki-aice.org Agriculture, D. o. (2010). Vietnam Coffee Market In 2010. Vietnam: Departmen of Garicultureand Village, Republic Socialist of Vietnam. Bajry, u. s. (2015). Metode Penelitian Hubungan Internasional. yogyakarta: Pustaka Pelajar. Berata, I. O. (2014). Panduan Praktis Ekspor Impor, Kententuan dan Tahapan Ekspor Impor. Tangerang: Niaga Swadaya. Curry, J. E. (2001). Memahami Ekonomi INternasional. Jakarta. Details, F. a. (n.d.). Doi Moi (Vietnam Economy Reforms) and Vietnam Economy During the 1980's and 1990's. Retrieved April 16, 2020, from ”, http://factsanddetails.com/southeast-asia/Vietnam/sub5_9g/entry-3470.html, DITJENBUN. (2017). statistik perkebunan indonesia 2015-2017 the crop estate statistic of coffee indoensia. Jakarta: Kementerian pertanian. GAEKI. (2018). Mengenal Nusantara Lewat Kopi. Retrieved Februari 24, 2020, from GAEKI: https://gaeki.or.id/mengenal-nusantara-melalui-kopi/, Gunnars, K. (2017, Maret 18). 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science. Retrieved Maret 27, 2020, from http://healthline.com/nutrition/top-13- evidance-based-helath-benefits-pf-coffee-section1 Handbook, C. (n.d.). Materi Training Coffee Pod Technology.

Hang, T. (2014). Pengembangan Sumber Daya Manusia Vietnam Memenuhi periode Integrasi. Retrieved April 11, 2020, from VOV5: https://vovworld.vn/id- ID/ulasan-berita/pengembangan-sumber-daya-manusia-vietnam-memenuhi- periode-integrasi-233125.vov History. (n.d.). Vietnam WAR. Retrieved April 16, 2020, from History.co.id: https://www.history.com/topics/vietnam-war/vietnam-war-history, Ikhsania, A. A. (2017, November 9). Alasan Konsumsi Kopi Jasi Trend Hidup Masyarakat Urban. Retrieved Maret 23, 2020, from https://lifestyle.okezone.com/read/2017/11/09/298/1811342/alasan-konsumsi- kopi-jadi-tren-gaya-hidup-masyarakat-urban Islamika, G. (2018). Ustmaniyah menyerang wina (3) (4) (5) : pengepungan pertempuran puncak, gagalnya islamisasi di eropa. JUrnal Moaik Perdaban Islam. leaders. (2011, Juli 7). Back to Coffee House. Retrieved Maret 29, 2020, from leaders.id: https://www.economist.com/leaders/2011/07/07/back-to-the- coffee-house Makki, A. (2011, juli 7). Kopi Yang merubah Eropa. Retrieved Maret 26, 2020, from Historia.id: https://historia.id/kultur/articles/kopi-yang-mengubah-eropa- PddlP Martauli, E. D. (2018). Analisis Produksi Kopi Indonesia. Jurnal Of Agribusiness Science (JASc) vol 1 no.2, 112. Michael E Porter, d. t. (2018). Competitive Advantage. Bandung: Kharisma Publishing. Nasional, F. D. (2016). Diskusi KOpi Nasional. Retrieved Agustus 12, 2020, from DJDAGLU: http://ditjendaglu.kemendag.go.id/index.php/home/detail_news/141

Conference. Pandergrest, M. (2010). Uncommon Ground : The hIstory of Coffee and How it Transformed our world. new york: Arjun copy right. Panggabean, E. (2011). Buku Pintar KOpi. Jakarta: Agro Media pustaka. Pertanian, K. (n.d.). Pertanian, K. (2009). RENSTRA KEMENTERIAN PERTANIAN. Jakarta: kementerian Pertanian 2010-2014. Pertanian, K. (2014). RENSTRA DITJENBUN 2010-2014. Jakarta: Kementerain Pertanian. Pertanian, K. (n.d.). Perkembangan kopi Arabika Terus Ditingkatkan. Retrieved Februari 23, 2020, from DITJENBUN: http://ditjenbun.pertanian.go.id/pengembangan-kopi-arabika-terus- ditingkatkan/, diakes pada 23 Februari 2020 Phuc, T. C. (n.d.). Vietnam Sustainable Coffee plan Tilll 2020 abd vission to 2030. Vietnam. Porter, M. E. (1990). The Competitive Advantage of Nation. New YorkHarvad Bussines Review. Soettedjo, A. (1996). Prospek Agribisnis Perkebunana KOpi di Indonesia. Jakarta: Graha Media. Swandi. (2015). Outlook kopi Komoditas Pertanian Subsector Perkebunan. Jakarta: Kementerian Pertanian. Tan. (2013). Menegement Analysis Journal. jurnal UNNEs.

Thanh, H. (2013). Master plans on Vietnam Development to 2020 visison 2030 aproved. Retrieved Agustus 12, 2020, from http://vietnamtourism.gov.vn/english/index.php/items/5538, Vietnam, p. m. (2015). Aproving teh master plan on socia economi development of thai nguyen province trught 2020. vietnam: the prime minister of vietnam.

Submitted

2021-03-06

Accepted

2021-03-06

Published

2019-12-07