A Effectiveness of Powtoon Appli Efektivitas Aplikasi Powtoon Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di TK Aisyiah Jogorogo

Efektivitas Aplikasi Powtoon Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di TK Aisyiah Jogorogo

Penulis

  • adzimatinoor nabila rahmadania Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v7i2.11939

Abstrak

Kurangnya inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran seringkali menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan kurang diminati siswa. Hal inilah yang mendorong pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN T) dalam mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital di TK/KB Aisyiyah Jogorogo, Dusun Jogorogo, Desa Jogorogo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Adapun metode yang digunakan adalah melibatkan observasi, di mana data dikumpulkan untuk mencatat kondisi atau potensi TK/KB Aisyiah Jogorogo di mana mahasiswa KKN melakukan tugasnya. Informasi terkumpul melalui beragam teknik, termasuk pengamatan langsung di lapangan, wawancara dengan pihak sekolah seperti Kepala sekolah dan guru lainnya, serta studi dokumen dan catatan yang ada di kelas. Setelah data terkumpul, langkah berikutnya adalah menganalisisnya menggunakan metode analisis yang sesuai dengan kebutuhan. Dan tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan anak mengenai huruf hijaiyyah pada anak usia dini dengan mengembangkan metode dan media pembelajaran Video Animasi menggunakan aplikasi Powtoon yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak, terutama di TK/KB Aisyiah, Jogorogo, Jogorogo, Ngawi, dan juga memudahkan siswa untuk mengetahui doa disetiap gerakan shalat.                                                                                                                                                                                                        

Diterbitkan

2024-05-22

Terbitan

Bagian

Articles