Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Pertanian di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

Authors

  • Use Etica Universitas Darussalam Gontor
  • Lutfy Ditya Cahyanti Universitas Darussalam Gontor
  • Niken Trisnaningrum Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v4i1.5276

Keywords:

Startup, pertanian, workshop, kewirausahaan

Abstract

Di tengah permasalahan ekonomi yang semakin besar dan lapangan pekerjaan yang semakin sempit akibat pandemic Covid19, kewirausahaan dirasakan sebagai jalan yang paling efektif untuk membangkitkan kembali kehidupan perekonomian masyarakat. Dengan latar belakang tersebut, tim PPK Universitas Darussalam Gontor mengadakan workshop kewirausahaan dan diharapkan setelah pelatihan peserta pelatihan memperoleh keterampilan berwirausaha agar dapat mencapai efektivitas dalam melaksanakan tugas tertentu terkhusus dalam berwirausaha melalui pengembangan proses berfikir, sikap, pengetahuan, kecakapan, dan kemampuan. Workshop kewirausahaan ini diikuti oleh 20 tenant. Materi yang diberikan meliputi motivasi kewirausahaan, etika bisnis dalam Islam, perencanaan bisnis model kanvas, perencanaan keuangan, akuntansi, pemasaran melalui marketplace, pembuatan iklan, perancangan dan branding produk, penanganan dan keamanan produk pangan segar, serta pentingnya HaKI bagi startup.

References

Adaninggar, AW., H. Saptono, K. Roisah. 2016. Perlindungan produk usaha mikro kecil dan menengah terkait hak kekayaan intelektual dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Diponegoro Law Journal 5 (3): 1-11

Aidha, Zuhria, 2016. Pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Jurnal Jumantik 1 (1): 42-59

Artaya, IP. dan Purworusmiardi, T. 2019. Efektifitas marketplace dalam meningkatkan konsentrasi pemasaran dan penjualan produk bagi umkm di Jawa Timur. DOI: 10.13140/RG.2.2.10157.95206

Batubara, Z. 2019. Akuntansi dalam pandangan Islam. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah) 3 (1): 66-77

Girsang, LRM. 2017. Pengukuran efektivitas iklan (studi komparasi iklan media cetak dan iklan media online). Jurnal Komunikasi dan Media 1(2): 68-86

Herawati, N. Lindriati, T. Suryaningrat, ID. 2019. Penerapan bisnis model kanvas dalam penentuan rencana managemen usaha kedelai edamame goreng. Jurnal Agroteknologi 13 (01): 42-51

Norvadewi. 2015. Bisnis dalam perspektif Islam: Telaah konsep, prinsip, dan landasan normatif.

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Al-Tijary, 01 (01): 33-46

Purnama, VF., D.D. Hartanto, M.Sylvia. 2019. Perancangan rebranding UMKM keripik tempe Reza. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/8589/7758

Purnomo, BR. 2017. Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Motivasi Berwirausaha pada Penyandang Tunarungu.Ekspektra. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 1(1):21-30

Rainaldo, M. Wibawa, B.M., Rahmawati Y. 2017. Analisis bussiness model canvas pada operator jasa online Ride-sharing (Studi kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2): 235-239

Saadah, N. 2018. Perencanaan keuangan Islam sederhana dalam bisnis e-commerce pada pengguna online shop. Economica: Jurnal Ekonomi Islam 9 (1): 105 – 128

Silalahi. 2007. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, dan kemandirian pribadi terhadap perilaku kewirausahaan. FE Universitas Sumatra Utara.

Sukirman. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 20(1):114- 132.

Tarigan, HK. 2020. Keamanan Pangan Produk Segar Melalui Penerapan Standar Jaminan Mutu Produk. http://hortikultura.pertanian.go.id/?p=5368

Downloads

Published

2020-11-10