Strategi Belajar Daring yang Efisien dan Menyenangkan Bagi Siswa Sekolah Dasar Desa Kertosari

Authors

  • Neneng Uswatun Khasanah University of Darussalam (UNIDA) Gontor
  • Martha Eri Safira IAIN Ponorogo
  • Atika Nur Hasanah IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v4i2.9258

Keywords:

pandemi Covid-19, bimbingan belajar, belajar daring di rumah

Abstract

Sudah hampir 2 tahun Pandemi COVID-19 masih terus meresahkan semua Negara di dunia begitu pun dengan Negara Indonesia. Dengan adanya virus COVID-19 ini tentu salah satunya berdampak kepada dunia pendidikan, di mana Pemerintah melarang dengan adanya kegiatan belajar secara langsung diganti dengan metode pembelajaran secara daring. Dalam hal ini menjadikan kendala bagi para siswa dalam pemahaman materi yang disampaikan oleh guru ataupun dalam mengerjakan tugas karena kurangnya pemahaman materi tersebut. Sehingga, berhubungan dengan adanya Kuliah Pengabdian Masyarakat – Daring Dari Rumah (KPM-DDR ini salah satu program kerja yang akan saya lakukan adalah melakukan pendampingan bimbingan belajar. Tujuannya adalah membantu para siswa dalam kegiatan belajar daring di rumah serta meningkatkan semangat belajar siswa selama pandemi COVID-19. Dalam tahapan bimbingan belajar ini terdapat 5 tahapan yaitu: memberikan motivasi, pemberian dan pemahaman materi, pelatihan kreativitas, games tanya jawab, serta pemberian reward.

References

Crishtoper Dureau. (2013). Pembaru dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan ( Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCES) Tahap II. https://123dok.com/document/q7734dnq-australian-community-development-civil-society-strengthening-scheme-access.html

Ihfa, N. Q. A. dkk. (2020). Variasi Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IAIN Parepare Nusantara Press.

Muliadi. (2021). Mengabdi di Tengah Pandemi Covid-19. LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Nasution, W. H. (2020). Fenomena Masyarakat di Era Pandemi Covid-19. Adab.

Ngabidin, M. (2021). Pembelajaran di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti. Deepublish.

Nurdyansyah. dkk. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Nizamia Learning Center.

Pramesta, A., Basyar, J. T., Niswatun Fauziyah, N., Lestari, P. D., Junaeri, T. W., & Riansyah, W. R. (2020). GUIDANCE LEARNED FROM HOME EDUCATIONAL SOLUTIONS DURING COVID 19 PANDEMIC IN KEDUNGBOKOR BREBES VILLAGE. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment. https://doi.org/10.15294/ijde.v2i1.42286

Sudarmanto, E. dkk. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2021-05-12

Issue

Section

Articles