Pendampingan Pengembangan Modul Tutorial Bahan Ajar Kursus Desain Grafis di Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.21111/ku.v3i2.6912Kata Kunci:
Kuliah Kerja Nyata, Pengabdian Masyarakat, Pesantren Gontor, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Disain Grafis.Abstrak
PKM. Pendampingan Pengembangan Modul dan Video tutorial Sebagai Bahan Ajar Kursus Disain Grafis di Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun 2021 berujuan untuk mengatasi keterbatasan media belajar dalam kegiata pembelajaran Teknik Informatika pada bidang desain grafis. Mitra kegiatan ini adalan Darussalam Computer Center (DCC) atau pusat komputerisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Pusat Ponorogo. Permasalahan yang dialami mitra dalam hal kegiatan pendidikan dan pengajaran adalah kurangnya modul yang digunakan untuk kegiatan kursus pada materi disain grafis. Pelatihan disain grafis yang dimaksudkan adalah pelatihan disain dengan menggunakan photoshop. Animo santri dalam mengikuti kursus sangat tinggi, akan tetapi sampai hari ini DCC belum memiliki modul, baik berupa buku ataupun video tutorial, yang dimanfaatkan sebagai bahan ajar. Sehingga dalam pembelajaran kursus disain grafis, terpaksa menggunakan modul dan tutorial cetakan luar yang terkadang menampilkan ilustrasi foto dan gambar yang menamplkan aurat lawan jenis, sehingga hal ini menggangu kesakralan budaya pesantren yang islami. Hasil dari kegaitan PKM ini adalah berupa buku modul tentang disain grafis yang akan dipatenkan atas nama Darussalam Computer Center.Referensi
Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis Untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan Sdm Di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1289
Agusty, S., & Delianti, V. I. (2019). Pengembangan Aplikasi Modul Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Berbasis Android. VOTEKNIKA, Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(3), 94–103.
Aziiza, A. A., Patmanthara, S., & Widiyaningtyas, T. (2019). Pengembangan bahan ajar interaktif pada matapelajaran sistem komputer berbasis PBL untuk SMK. Tekno, Jurnal Teknologi, Elektro, Dan Kejuruan, 28(2), 166–176. https://doi.org/10.17977/um034v28i2p166-176
Murdiati, Ferawaty, & HIta. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Sma Husni Thamrin. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 96–100.
Permata, E., M, Y. R. D., Irwanto, & Fatkhurrokhman, M. (2021). Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 413–420. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5265
Pritandhari, M., & Wibawa, F. A. (2021). Pelatihan Desain Grafis Coreldraw Meningkatkan Kreativitas Karang Taruna Pemuda Mandiri Kelurahan Rejomulyo. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 33–41.
Siddik, B., & Kholisho, Y. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 13. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1389


