Analisis Usability Website Program Studi Sistem Informasi Unipma Menggunakan Metode System Usability Scale

Authors

  • Noordin Asnawi Universitas PGRI Madiun
  • Ridho Pamungkas Universitas PGRI Madiun
  • Dandy Gandung Prasetyo Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.21111/fij.v8i1.9408

Keywords:

website, usability, system usability scale

Abstract

AbstrakPerkembangan teknologi yang cepat pada saat ini membuat banyak perubahan proses bisnis hampir semua sektor termasuk pendidikan, sehingga kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara manual sekarang bisa dilakukan secara otomatis menggunakan sebuah sistem/teknologi informasi. Salah satu contoh perkembangan teknologi yang saat ini banyak dikembangkan adalah website. Di dalam sektor pendidikan misalnya sekarang banyak instansi pendidikan yang mempunyai sebuah website sebagai pintu gerbang utama yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Dengan adanya website untuk memberikan kemudahan, tetapi juga dibutuhkan pengukuran bagaimana kemudahan penggunaan sebuah website, utamanya jika pengguna masih awam khususnya dari bidang bukan IT. Begitu juga dengan program studi Sistem Informasi UNIPMA yang mempunyai sebuah website untuk menyediakan bermacam informasi khususnya kepada mahasiswa. Seiring bertambahnya layanan dan informasi dari website tersebut, maka penulis melakukan penelitian untuk mengukur tingkat kebergunaan dan kemudahan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang terdiri dari 10 pernyataan untuk responden. Responden diambil dari mahasiswa semester 1 (satu) dengan jumlah 17 mahasiswa yang merupakan mahasiswa baru dan didominasi berasal dari lulusan bukan IT. Hasil pengukuran dari penelitian ini menunjukkan bahwa website prodi Sistem Informasi UNIPMA termasuk ke dalam penilaian sifat (adjective) dengan kategori Good dan penilaian tingkat penerimaan (acceptable) dengan kategori Acceptable.Kata kunci: website, usability, system usability scale Abstract[Usability Website Analysis Of Information Systems Study Program UNIPMA Using The System Usability Scale Method] The rapid development of technology at this time made many changes to business processes in almost all sectors including education, so that activities that were previously carried out manually can now be carried out automatically using a system/information technology. One example of technological developments that are currently being developed is a website. In the education sector, for example, now many educational institutions have a website as the main gate used for various needs. With a website to provide convenience, but it also takes measurements of how easy it is to use a website, especially if users are still new, especially from non-IT fields. Likewise with the UNIPMA Information Systems study program which has a website to provide various information, especially to students. As the services and information from the website increase, the authors conducted a study to measure the level of usability and convenience by using the System Usability Scale (SUS) method which consisted of 10 statements for respondents. Respondents were taken from semester 1 (one) students who were new students and were dominated by non-IT graduates. The measurement results of this study indicate that the UNIPMA Information Systems study program website is included in the assessment of the nature (adjective) with the Good category and the assessment level of acceptance (acceptable) with the Acceptable category.Keywords: website, usability, system usability scale

References

W. Andriyan, S. S. Septiawan, and A. Aulya, “Perancangan Website sebagai Media Informasi dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang,” J. Teknol. Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 79–88, 2020, doi: 10.54914/jtt.v6i2.289.

P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 9, no. 1, pp. 58–67, 2020, doi: 10.23887/jstundiksha.v9i1.24691.

A. Sidik, S.Sn, M.Ds, “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile,” Technol. J. Ilm., vol. 9, no. 2, pp. 83–88, 2018.

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, p. 17, 2018, doi: 10.25273/research.v1i1.2451.

A. Pratama, A. Faroqi, and E. P. Mandyartha, “Analisis Tingkat Usability Pada Aplikasi Frostid Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 31–38, 2021, doi: 10.21107/edutic.v8i1.12195.

S. A. Purnamasari, N. Heryana, and K. Prihandani, “Perbandingan Penggunaan System Usability Scale dan Usefull, Satisfaction and Ease of Use Questionnaire pada Usability Testing,” J. Ilm. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 59–69, 2021, doi: 10.35316/jimi.v6i1.1236.

F. Firmansyah, “Implementasi System Usability Scale Pada Sistem Informasi Manajemen Anggaran Dan Kegiatan Di Badan Pusat Statistik,” Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 3, p. 165, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i3.5180.

A. Nioga, K. C. Brata, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10, vol. 3, no. 2, pp. 1396–1402, 2019.

“https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html.” .

H. Rachmi and S. Nurwahyuni, “Pengujian Usability Lokamedia Website Menggunakan System Usability Scale,” Al-khidmah, vol. 1, no. 2, p. 86, 2018, doi: 10.29406/al-khidmah.v1i2.1155.

D. Taluke, R. S. M. Lakat, A. Sembel, E. Mangrove, and M. Bahwa, “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat,” Spasial, vol. 6, no. 2, pp. 531–540, 2019.

D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1615–1626, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1356.

Downloads

Submitted

2023-02-14

Accepted

2023-05-02

Published

2023-05-11

Issue

Section

Articles