Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation

M Khairul Anam, Nora Lizarti, Aniq Noviciatie Ulfah

Abstract

STMIK Amik Riau menggunakan sistem informasi akademik dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa dan kegiatan akademik lainnya sepertie-KRS, e-EDOM, Labkom, e-library, e-ktm, e-BAAK, PMB, dan lain sebagainya. Evaluasi  sistem merupakan salah satu cara untuk mengetahui sistem dapat berjalan dengan baik dan optimal dalam memberikan layanan yang lebih efektif dan efisien. Audit TI digunakan untuk mengukur tingkat kematangan (maturity level) dari SIASAR dan memberikan rekomendasi terhadap sistem. Penelitian berfokus pada terhadap mahasiswa  sehingga framework audit Information Technology Infrastucrure Library (ITIL) v3 sesuai karena terdapat domain khusus yang dapat mengukur tingkat kematangan dari SIASAR yaitu Domain Service Operation. Analisa berupa penyebaran kuisioner kepada pengguna atau yang terlibat dengan sistem secara langsung SIASAR. Berdasarkan perhitungan sistem SIASAR masih pada level 2 (repeatable) dengan nilai 1,78 dimana sistem SIASAR saat ini sudah memiliki sebuah tingkat kedisiplinan dan kepatuhan terhadap peraturan dan standar operasional yang berlaku.  Rekomendasi yang dapat diberikan berupa peningkatan proses pendokumentasian, standarisasi, dan pengukuran serta pencatatan pada seluruh unit yang ada pada STMIK Amik Riau.

Keywords

STMIK Amik Riau, ITIL V3, Maturity Level, Service Operation

Article Metrics

Abstract view : 0 times

References

S. Susilowati, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Area Service Operation Menggunakan Kerangaka Kerja ITIL Versi 3 ( Studi Kasus : Pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Depok ),” PARADIGMA, vol. XIV, no. 2, pp. 131–140, 2012.

W. Setiawan, Sulistiowati, and Y. M. Maulana, “Perencanaan Information Technology Service Continuity Management Berdasarkan ITIL V-3,” JSIKA, vol. 3, no. 1, 2014.

H. L. Putra, E. Darwiyanto, and G. A. A. Wisudiawan, “Audit Infrastruktur Teknologi Informasi Berbasis ITIL V . 3 Domain Service Operation pada FMS Departemen Engineering PT . Grand Indonesia Information Technology Infrastructure Audit Based on ITIL V . 3 Service Operation Domain for FMS Engineering Departme,” in e-Proceeding of Engineering, 2015, vol. 2, no. 2, pp. 6084–6091.

I. Maita and S. Akmal, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BEST PRACTICE ITIL V3 SERVICE OPERATION (Studi Kasus: Pustaka dan Arsip Kampar) 1,2,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 60–65, 2016.

T. Triyanto, “Tingkat Kematangan ( Maturity Level ) Tata Laksana Informasi Menggunakan Cobit 5 Pada Manajemen Program Dan Proyek : Studi Kasus Pt. Xyz,” KOPERTIP J. Ilm. Manaj. Inform. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 25–32, 2018.

B. S. Yudha, I. Haryono, and L. W. Suwarsono, “Perancangan Job Description Kerangka Business Process Pada CV. Gradient,” in e-Proceeding of Engineering, 2017, vol. 4, no. 2, pp. 2529–2534.

Megawati and F. Amrullah, “Evaluasi Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Model Maturity Level Cobit 4.1 (Studi Kasus Pt. Bri Cabang Bangkinang),” J. Sains dan Teknol. Ind., vol. 12, no. 1, pp. 99–105, 2014.

Winalia, F. Renaldi, and A. I. Hadiana, “Pengukuran Tingkat Kematangan Teknologi Informasi menggunakan COBIT 4.1 Pada Universitas Jenderal Achmad Yani,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2017, pp. 31–36.

A. Hidayat, “Teknik Sampling Dalam Penelitian,” www.statistikian.com, 2017. [Online]. Available: https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html. [Accessed: 24-Jul-2018].

R. Oktofiyani, Nurmalasari, and W. Anggraeni, “Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Study Kasus Siswa/i Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 46–53, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.