Analisis Tingkat Kepuasan Pembelajaran Bahasa Arab bagi Peserta PKU Unida Gontor Tahun 2022

Authors

  • Yoke Suryadarma Universitas Darussalam Gontor
  • Arsyad Muhammad Ali Ridho Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab bagi peserta Program Kaderisasi Ulama Universitas Darussalam Gontor (PKU UNIDA Gontor) merupakan hal yang wajib dan esensial. Pembelajaran tersebut telah dilakukan secara komprehensif dan sistematis sejak tahun 2016 silam sampai sekarang. Bertolak dari hal ini, penelitian ini akan mengupas tentang tingkat kepuasan peserta PKU UNIDA Gontor tahun 2022 dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini fokus pada instrumen kepuasan yang mempengaruhi kualitas dan pelayanan dalam pendidikan melalui lima aspek, yaitu reliability, tangible, assurance empathy, dan responsibility. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei berbasis skala likert. Sedangkan metode Analisa menggunakan analisis deskriptif. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 19 peserta PKU UNIDA Gontor tahun 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan peseta dalam pembelajaran bahasa Arab di unida gontor ditinjau dari 5 aspek diatas berada pada kategori sangat memuaskan. Dari sini peneliti melihat bahwa pembelajaran bahasa Arab yang berbasis pelatihan terpadu dan integral berbasis sistem pesantren yang ada di UNIDA Gontor memiliki signifikansi yang tinggi untuk membangun personal capability dalam penguasaan bahasa Arab. Bertolak dari hal ini maka peneliti menyarankan agar perlu dibuat perencanaan strategi yang lebih matang dalam menciptakan program bahasa arab yang berkesinimbungan dan berkelanjutan.

Author Biographies

Yoke Suryadarma, Universitas Darussalam Gontor

Department of Arabic Teaching

Arsyad Muhammad Ali Ridho, Universitas Darussalam Gontor

Department of Arabic Teaching

References

Aminatul Zahroh. (2017). Total quality management : teori & praktik manajemen untuk mendongkrak mutu pendidikan (Rose KR. (ed.); 1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Arifin, M. S. (2022). Term of Reference (ToR) Perencanaan Umum Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pembentukan Karakter Peserta PKU Kaltim Angkatan 16 thn 2022.

bilson Simamora. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen (3rd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Buchari Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Cetakan ke). Penerbit Alfabeta.

Dolong, H. M. J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal UIN Alauddin, 5(2), 293–300. file:///C:/Users/User/Downloads/3484-Article Text-7439-1-10-20170924.pdf

Firgah, M. (2019). Strategi pebgelolaan komponen pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah muhammadiyah limbung Kabupaten Gowa. Al-Maraji: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 75–88. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/5204

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Kotler, P., Molan, B., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (Ed. 12, ce). Indeks.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, D. A. (2011). Manajemen pemasaran jasa / Rambat Lupiyoadi, Dedy A. Hamdani (2nd ed.). Salemba Empat.

Nikantino, N., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kober Mie Setan Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial ISSN, 14(2), 286–289. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.15789

Nurcholis, A., Syammary, N. A., & ... (2021). Implementasi Program Pemantapan Bahasa Arab Peserta Program Kaderisasi Ulama (Pku) Gontor Tahun 2021. … Nasional Bahasa Arab, 259–271. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/985

Perwira, B., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 46–54.

Rini, F. S., Ahsan, M. A. W., & Aldini, A. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Kasus Peserta Program Kaderisasi Ulama (Pku) Gontor Tahun 2021. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 7, 463–471.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL. ALFABETA.

Suryadarma, Y., & Fitriyanto, I. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Progam Pemantapan Bahasa Arab Dan Shahsiah (Kembara) Ke 4 Mahasiswa Kolej Universiti Islam Antar Bangsa Selangor (KUIS) Tahun 2018. Konferensi Nasional Bahasa Arab Ke IV (KONASBARA IV), 358–368. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/284

Valarie A. Zeithaml, M. J. B. (2003). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (3rd ed.). McGraw-Hill.

Widyawati, N. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Serta Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Zakiah Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 12(1), 74. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2008.v12.i1.2063

Yenny Chen S & Edwin Japarianto. (2014). PENGARUH KEPUASAN, HAMBATAN BERPINDAH DAN PENYEDIAAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI HOTEL NOVOTEL SURABAYA. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–7.

Yunus, P. (2021). Al waraqah: 2(2), 47–58.

Zaid, A. H., Suryadarma, Y., & Setiyadi, A. C. (2018). تطبيق البرنامج اللغوي ÙˆÙØ¹Ø§Ù„يته ÙÙŠ تعليم اللغة العربية لجماعة المركز الإسلامي “عبد الله غانم الشمائل†Ùونوروكو جاوى الشرقية الإندونيسية. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 0(0). http://prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/article/view/91

Downloads

Submitted

2023-03-31

Accepted

2023-03-31

Published

2023-05-05