Efektivitas Evaluasi Proses Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Dakwah, Khutbah, dan Ceramah
Abstract
A good level of mastery of the material by students can be supported through an active learning model. One of the learning models that can support student activity and interaction in the classroom is projectâ€based learning. This study aims to examine the effectiveness of the projectâ€based learning model in Islamic religious education lessons on da'wah, sermons and lectures. This study uses a quantitative approach, which uses scores to describe the variables of student learning outcomes and the effectiveness of learning implementation. The population in this study was class XI SMK Cipta Skill Bandung. The data obtained were in the form of answers based on the evaluation of the learning process, namely 13 questions that were answered authentically. The data obtained were then analyzed descriptively. Data was collected using the method. Student learning outcomes showed an average above the KKM (≥80) which was 84.8 in the female group and 84 in the male group.References
Afriana, J. (2015). Project Based
Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas
Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu.
Program Studi Pendidikan IPA Sekolah
Pascasarjana. Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Arifuddin. (2018). Pengaruh
Profesionalitas Guru Terhadap
Perkembangan Potensi Belajar Siswa
Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di
Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. Jurnal
Pendidikan Islam, 1.1, 1.
Arifuddin, A. (2019). Konsep Pendidikan
Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam
Pendidikan). Media Kajian Pendidikan
Agama Islam, Volume 2, 319-338.
Azis & Shalihah. (2020, Juni).
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran
Berbasis Google Form. Tawazun, 13, 54-
Devi, dkk. (2020, November). Efektivitas
pembelajaran dalam jaringan (online
learning) selama wabah covid-19 pada
peserta didik kelas v sekolah dasar. Jurnal
PGSD UNS, 1-6.
Hadi. (2016, Juni). Pemeriksaan Data
Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal
Ilmu Pendidikan, 74-79.
Hisbullah H & Firman F. (2019).
Penerapan Model Pembelajaran Snowball
Throwing dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di
Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of
Primary Education, 100-113.
Insani, dkk. (2020). Efektivitas Program
Remedial Terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan
Budi Pekerti Di SMA. Taklim, 18, 65-74.
Jaka, A. &. (2015). Project Based
Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas
Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu.
Program Studi Pendidikan IPA Sekolah
Pascasarjana. Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Johnson, E. (2007). Contextual Teaching
and Learning: Menjadikan Kegiatan
Belajar-Mengajar Mengasyikan dan
Bermakna, Terjemahan : Ibnu Setiawan.
Bandung: MLC.
Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil
Belajar Kompetensi Dasar menyajikan
Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model
Pembelajaran Project Based Learning dan
Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi
Siswa Kelas XI Multimedia SMK
Muhammadiyah Wonosari.
Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil
Belajar Kompetensi Dasar menyajikan
Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model
Pembelajaran Project Based Learning dan
Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi
Siswa Kelas XI Multimedia SMK
Muhammadiyah Wonosari.
Majid, A. (2006). Perencanaan
Pembelajaran : Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.
Majid, A. (2006). Perencanaan
Pembelajaran : Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.
Mariyani & Alfansyur. (2020, Desember).
Seni Mengelola Data: Penerapan
Tiangulasi TehniK, Sumber, & Waktu
Pada Penelitian Pendidikan Sosial.
HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian, &
Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5,
-150.
Musyfika. (2012). Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap
Hasil Belajar Biologi Dan Aktivitas Siswa
SMA Negri 3 Bondowoso. Universitas
Jember.
Musyfika, Y. (2012). Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Proyek
Terhadaphasil Belajar Biologi Dan
Aktivitas Siswa SMA Negeri 3
Bondowoso. Universitas Jember.
Romdloni. (2017, September).
Peningkatan Efektivitas Pembelajaran
Penididkan Agama Islam (PAI) Melalui
Manajemen Kelas. Evaluasi, 01, 151-166.
Tsani, dkk. (2016). Efektivitas Model
Pembelajaran Proyek Berbasis Proyek
Dengan Metode Galery Walk Pada
Pembelajaran Materi Sel Di SMA. Unnes
Journal Biology Of Education, 5, 31-37.