Efektivitas Evaluasi Proses Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Dakwah, Khutbah, dan Ceramah

Authors

  • Arief Agus Triansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahaudin Annaqsyabandy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hajrah Hajrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ali Ramdhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Chaerul Rochman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

A good level of mastery of the material by students can be supported through an active learning model. One of the learning models that can support student activity and interaction in the classroom is projectâ€based learning. This study aims to examine the effectiveness of the projectâ€based learning model in Islamic religious education lessons on da'wah, sermons and lectures. This study uses a quantitative approach, which uses scores to describe the variables of student learning outcomes and the effectiveness of learning implementation. The population in this study was class XI SMK Cipta Skill Bandung. The data obtained were in the form of answers based on the evaluation of the learning process, namely 13 questions that were answered authentically. The data obtained were then analyzed descriptively. Data was collected using the method. Student learning outcomes showed an average above the KKM (≥80) which was 84.8 in the female group and 84 in the male group.

Author Biographies

Arief Agus Triansyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bahaudin Annaqsyabandy, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hajrah Hajrah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Muhammad Ali Ramdhan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Chaerul Rochman, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Afriana, J. (2015). Project Based

Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas

Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu.

Program Studi Pendidikan IPA Sekolah

Pascasarjana. Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Arifuddin. (2018). Pengaruh

Profesionalitas Guru Terhadap

Perkembangan Potensi Belajar Siswa

Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di

Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. Jurnal

Pendidikan Islam, 1.1, 1.

Arifuddin, A. (2019). Konsep Pendidikan

Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam

Pendidikan). Media Kajian Pendidikan

Agama Islam, Volume 2, 319-338.

Azis & Shalihah. (2020, Juni).

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran

Berbasis Google Form. Tawazun, 13, 54-

Devi, dkk. (2020, November). Efektivitas

pembelajaran dalam jaringan (online

learning) selama wabah covid-19 pada

peserta didik kelas v sekolah dasar. Jurnal

PGSD UNS, 1-6.

Hadi. (2016, Juni). Pemeriksaan Data

Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal

Ilmu Pendidikan, 74-79.

Hisbullah H & Firman F. (2019).

Penerapan Model Pembelajaran Snowball

Throwing dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di

Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of

Primary Education, 100-113.

Insani, dkk. (2020). Efektivitas Program

Remedial Terhadap Peningkatan Hasil

Belajar Peserta Didik Pada Mata

Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan

Budi Pekerti Di SMA. Taklim, 18, 65-74.

Jaka, A. &. (2015). Project Based

Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas

Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu.

Program Studi Pendidikan IPA Sekolah

Pascasarjana. Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Johnson, E. (2007). Contextual Teaching

and Learning: Menjadikan Kegiatan

Belajar-Mengajar Mengasyikan dan

Bermakna, Terjemahan : Ibnu Setiawan.

Bandung: MLC.

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil

Belajar Kompetensi Dasar menyajikan

Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model

Pembelajaran Project Based Learning dan

Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi

Siswa Kelas XI Multimedia SMK

Muhammadiyah Wonosari.

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil

Belajar Kompetensi Dasar menyajikan

Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model

Pembelajaran Project Based Learning dan

Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi

Siswa Kelas XI Multimedia SMK

Muhammadiyah Wonosari.

Majid, A. (2006). Perencanaan

Pembelajaran : Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Majid, A. (2006). Perencanaan

Pembelajaran : Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Mariyani & Alfansyur. (2020, Desember).

Seni Mengelola Data: Penerapan

Tiangulasi TehniK, Sumber, & Waktu

Pada Penelitian Pendidikan Sosial.

HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian, &

Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5,

-150.

Musyfika. (2012). Pengaruh Model

Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap

Hasil Belajar Biologi Dan Aktivitas Siswa

SMA Negri 3 Bondowoso. Universitas

Jember.

Musyfika, Y. (2012). Pengaruh Model

Pembelajaran Berbasis Proyek

Terhadaphasil Belajar Biologi Dan

Aktivitas Siswa SMA Negeri 3

Bondowoso. Universitas Jember.

Romdloni. (2017, September).

Peningkatan Efektivitas Pembelajaran

Penididkan Agama Islam (PAI) Melalui

Manajemen Kelas. Evaluasi, 01, 151-166.

Tsani, dkk. (2016). Efektivitas Model

Pembelajaran Proyek Berbasis Proyek

Dengan Metode Galery Walk Pada

Pembelajaran Materi Sel Di SMA. Unnes

Journal Biology Of Education, 5, 31-37.

Downloads

Submitted

2023-02-07

Accepted

2023-02-07

Published

2023-05-05