Adab Murîdîn Syekh Abdul Qadir Al-Jilani dan Tujuan Pendidikan Islam

Authors

  • Amir Sahidin Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Modernisasi saat ini yang telah membawa perubahan di segala bidang, khususnya pada bidang pendidikan.  Berangkat dari cara pandang di era modern yang lebih menitikberatkan pada paham materialistik, sehingga pendidikan dibentuk dan diarahkan dengan tujuan utama untuk mendapatkan perkerjaan dan pada ujungnya hilangnya adab seseorang murid. Untuk itu, meneliti konsep adab para ulama terdahulu, seperti Syekh Abdul Qadir al-Jilani menjadi urgen untuk dibahas kembali guna mewujudkan tujuan pendidikan Islam. Karenanya, artikel ini akan membahas secara khusus tentang adab murîdîn syekh Abdul Qadir al-Jilani untuk mewujudkan tujuan pendidikan Islam. Berdasarkan metode kepustakaan atau library reseach dengan pendekatan deskriptif analisis dapat disimpulkan, pertama: al-Jilani berbicara panjang lebar terkait dengan adab dalam kitabnya, al-Ghunyah li Thâlib Tharîq al-Haq. Kedua, dalam kitab tesebut diterangkan adab-adab penting seperti, adab-adab yang harus dilazimi oleh seorang penuntut ilmu dan adab-adab terkait dengan hubungan antar sesama murid. Ketiga, dari berbagai adab tersebut, dapat dikatakan bahwa adab murîdîn syekh Abdul Qadir al-Jilani dapat mewujudkan tujuan pendidikan Islam, yaitu mampu melahirkan manusia yang paripurna guna merealisasikan pengabdian manusia kepada Allah

Author Biography

Amir Sahidin, Universitas Darussalam Gontor

Master of Aqidah and Islamic Philosophy

References

Abdul Hayyi, al-Hambali. 1986. Syadzrât Al-Dzahab Fî Akhbâr Min Dzahab. Beirut: Dar Ibn Katsir.

Abdul Mujib, Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Abdul Qadir, Al-Jilani. 2002. Al-Safînah al-Qâdiriyyah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

———. n.d. Al-Fath al-Rabbâni Wa al-Faidh al-Rahmâni. Beirut: Dar al-Rayyan li al-Turats.

Al-Abdari, Muhammad bin Muhammad. n.d. Al-Madkhal. Dar al-Turats.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 1992. Konsep Pendidikan Dalam Islam, Terj: Haidar Bagir. Bandung: Mizan.

———. 1993. Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.

Al-Dzahabi, Syamsuddin. 1985. Siyar A’lâm al-Nubalâ’. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Al-Jauziyah, Syamsuddin bin Qayyim. 1996. Madâriju As-Sâlikîn Baina Manâzil Iyyâk Na‘budu Wa Iyyâk Nasta‘în. Beirut: Dar al-Kutub al-’Arabiyah.

Al-Jazari, Syamsuddin ibn. 1351. Ghâyah An-Nihâyah Fî Thabaqât al-Qurrâ’. Maktabah Ibnu Taimiyah.

Al-Jilani. 1999. Al-Ghunyah Li Thâlib Thâriq al-Haq. Muhaqqiq: ‘Isham Faris. Beirut: Dar Jail.

Al-Jilani, Abdul Qadir. n.d. Tafsîr Al-Jilâni. Muhaqqiq: Ahmad Abdurrazaq. Dar Ibn Haitsam.

Al-Kailani, Majid Irfan. 2002. Hakadza Dhahara Jil Shalahuddin Wa Hakadza ‘Adat al-Quds. Imarat al-’Arabiyyah: Dar al-Qalam.

Al-Khatib, Ahmad bin Ali. 1397. Iqtiḍâ’ al-‘Ilmi al-‘Amal. Beirut: al-Maktab al-Islâmî.

Al-Nawawi, Yahya bin Syaraf. 1994. Al-Tibyân Fî Adab Hamalah al-Qur‘ân. Beirut: Dar Ibn Hazm.

Al-Quzwaini, Muhammad bin Yazid. n.d. Sunan Ibn Majah. Beirut: Dar Ihya’ al-Kutub al-’Arabiyah.

Asfar, Harun. 2003. Konsep Spiritualitas Islam Sebagai Pencegah Gejolak Perubahan Sosial, Dalam Amsal Bakhtiar (Ed), Tasawuf Dan Gerakan Tarekat. Bandung: Angkasa.

Bakhtiar, Amsal. 2003. Tasawuf Dan Gerakan Tarekat. Bandung: Angkasa.

Husaini, Adian. 2010. Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Beradab Dan Berkarakter. Jakarta: Cakrawala Publishing.

———. 2018. Kiat Menjadi Guru Keluarga. Depok: Yayasan Pendidikan Islam at-Taqwa.

Ibn Katsir, Ismail bin Umar. 1999. Tafsîr Al-Qurân al-‘Adzîm. Beirut: Dâr Thayyibah li an-Nasyri wa at-Tauzî’.

Ibnu Hajar, al-Asqalani. 2002. Ghibthah Al-Nâdzir Fî Tarjamah al-Syaikh Abdul Qâdir. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Ihsan, Nurhadi, Moh. Ishom Muddin, and Amir Sahidin. 2021. “Implementation of Zuhd in The Islâh Movement of Shaykh Abdul Qadir Al-Jilani (D. 561 H./1161 CE.).” Madania xxv (1). http://dx.doi.org/10.29300/madania.v25i1.4340.

Ilmia, Khafidhotul, and Saifulah. 2017. “Konsep Tasawuf Amali Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Dalam Kitab Al-Ghunyah Li Thalib Thariq Al-Haq.” Al-Ghazwah 1 (2): 169–70.

Jhon M Echols, Hassan Shadily. 2003. Kamus Inggris Indonesia. Edited by PT Gramedia. Jakarta.

Khoeriyah, Nikmatul. 2020. Sistem Mulazamah Dan Sekolah Dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam. Boyolali. Boyolali: Skripsi Ma’had Aly Darusy-Syahadah.

MA Cassim, Razvi, and Osman Siddiq. n.d. Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Pemimpin Para Wali. Yogyakarta: Pustaka Sufi.

Majid Irsan, al-Kailani. n.d. Hakadzâ Dhahar Jail Shalâhuddîn Wa Hakadzâ ‘Âdat al-Quds. Imarat al-‘Arabiyyah al-Muttahidah: Dar al-Qalam.

Mandzur, Ibn. 1999. Lisân Al-‘Arab. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-’Araby.

Mursi, Muhammad Munir. 1987. Al-Tarbiyyah al-Islamiyyah. Dar al-Ma’rifah.

Nashr, Sutomo Abu. 2018. Syekh Abdul Qadir Jaelani Dan Ilmu Fiqih. Jakarta: Rumah Fikih Publishing.

Nasikun. 2005. “Peran Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora Bagi Liberalisasi Dan Humanisasi Teknologi.” JSP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik IX (2). https://doi.org/10.22146/jsp.11031.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Quthb, Muhammad. 1993. Manhaj Al-Tarbiyah al-Islamiyah. Kairo: Dar al-Syuruq.

Ridha, Muhammad Rasyid. 1990. Tafsir Al-Manar. Mesir: Hai’ah Mushriyyah ’Amah li Al-Kutub.

Sahidin, Amir. 2021. “Peran Sistem Mulazamah Dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam.” CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1 (3): 8. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i3.18.

———. 2022. Mujahid Tangguh Persiapan Ilmu Syar’i Dan Tsaqafi Bagi Para Mujahid. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Shihab, Quraish. 1996. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Yunus, Mahmud. n.d. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Downloads

Published

2023-05-05