Analisis Kritis Digitalisasi Restriktif Berbasis Sed (Selective Ethical Digitalization) Distingsi Identitas Islam Era Teknorasi Di Unida Gontor

Authors

  • Samsirin Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Shofiyyah Wahyu Ramadhani Universitas Darussalam Gontor
  • Afzal Nabila Izzati Universitas Darussalam Gontor
  • Raghil Hikmah Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Di tengah arus globalisasi digital yang semakin deras, institusi pendidikan Islam seperti Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) dihadapkan pada tantangan untuk menjaga nilai-nilai Islami dengan tetap memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan UNIDA dalam menghadapi tantangan ini adalah Selective Ethical Digitalization (SED), atau digitalisasi etis selektif, yang membatasi penggunaan teknologi hanya untuk aktivitas yang mendukung pengembangan ilmu dan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana model digitalisasi restriktif berbasis SED dapat memperkuat identitas Islami mahasiswa di era teknokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Pengamatan langsung dilakukan untuk melihat bagaimana teknologi diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan digitalisasi SED di UNIDA efektif menjaga fokus mahasiswa pada pembentukan karakter Islami dan akademik tanpa terlalu terpengaruh oleh distraksi digital. Teknologi yang diizinkan hanya untuk kegiatan akademik dan keperluan spesifik yang mendukung nilai-nilai pesantren, sehingga digitalisasi di sini tetap terkendali dan bermakna. Studi ini menunjukkan bahwa model SED yang diterapkan di UNIDA dapat menjadi refrensi dan kaca perbandingan bagi lembaga pendidikan Islam lainnya yang ingin mengintegrasikan teknologi dengan tetap mempertahankan identitas nilai-nilai Islam. Studi ini meningkatkan pemahaman kita tentang pentingnya nilai digitalisasi sebagai strategi pendidikan karakter di era digital. Kata Kunci: Digital Selektif  Distingsi Identitas  Islam, Era Tenokras

Downloads

Submitted

2025-01-21

Accepted

2025-01-21

Published

2025-03-06