Strategi Efektif Pondok Pesantren Dalam Mengatasi Tantangan Guru Di Era Modern Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Cela Petty Susanti Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Jenny Rismala Putri Universitas Darussalam Gontor
  • Adinda Kyan Pitaningrum Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Di era modern ini, segala aspek kehidupan mengalami perkembangan, dari aspek teknologi hingga pendidikan. Ada kemajuan pasti disejajari dengan adanya tantangan seperti guru di era modern ini   menghadapi berbagai tantangan yang kompleks, termasuk Kesenjangan Digital, Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Pribadi, Tantangan Psikologi dan emosional, Gaji yang Tidak Seimbang dengan Tanggung Jawab, Penyesuaian Kurikulum, Kurangnya Dukungan Orang Tua, Kurangnnya Akses Pengembangan Profesional bagi Guru. Di antara banyaknya tantangan di era modern ini, pondok pesantren hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya membangun dalam bidang keagamaan namun turut menjadi sebagai kiblat pendidikan terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi para pendidik. Dengan strategi yang di implementasikan oleh pondok pesantren terhadap para pendidik, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian perpustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah berbagai literatur terkait strategi-strategi pondok pesantren dalam mengatasi tantangan para guru dan penerapannya dalam pendidikan pesantren. Sumber data yang digunakan termasuk buku dan artikel jurnal serta media lainnya yang berkaitan dengan strategi pondok pesantren dalam menjawab tantangan guru di era modern ini. Hasil dari karya penulisan ini menunjukkan bahwa pondok pesantren mampu mengimplementasikan berbagai strategi efektif untuk menghadapi tantangan  yang dihadapi para pendidik di era modern ini, seperti larangan dalam penggunaan alat digital ketika proses belajar mengajar di kelas, penerapan kurikulum yang sama dari tahun ke tahun, pemahaman terhadap para guru mengenai jiwa keikhlasan dalam mengajar, dan pengadaan workshop metodoli pengajaran pada guru serta kontribusi orang tua dengan sekolah dengan meberi kepercayaan sepenuhnya terhadap Pendidikan anak di kelas. Implementasi strategi-strategi tersebut dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lain dalam mengatasi tantangan serupa, sehingga menghasilkan guru yang berkualitas dan berkompeten dalam menghadapi perubahan zaman. Kata Kunci : Pondok Pesantren, Strategi Efektif, Kualitas Pendidikan  

Downloads

Submitted

2025-01-20

Accepted

2025-01-21

Published

2025-03-06