Implementasi Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Fikih-Ushul Fikih Siswa Madrasah I’dadiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo

Authors

  • Ahmad Sempurna Munthe  Universitas Ibrahimy Situbondo

Abstract

Metode diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang bersifat interaktif antara satu orang dengan yang lain dengan cara saling tukar menukar informasi, gagasan, dan pemahaman yang bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas. Dalam metode diskusi ini, pihak guru atau ustadz juga ikut berpartisipasi dengan cara mengawasi dan mengamati proses kegiatan diskusi yang sedang berlangsung serta memberikan tanggapan terhadap objek permasalahan sebagai kesimpulan akhir dari kegiatan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi metode diskusi dalam pembalajaran fikih-ushul fikih siswa madrasah I’dadiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode diskusi siswa madrasah I’dadiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo dilakukan dengan cara pihak guru membuat beberapa kelompok kecil, menentukan teks dari materi kitab fikih-ushul fikih yang akan dibaca, dan menetapkan jadwal presentasi masing-masing kelompok. Setiap kelompok terdiri dari tiga orang dengan ketentuan dua orang menjadi narasumber (sebagai pembaca dan pemberi “murad”) dan satu orang menjadi moderator. Dalam metode diskusi ini, terdapat tiga sesi, yaitu pembacaan, penjelasan, dan pertanyaan tentang teks dan konteks. Dalam setiap sesi tersebut, terdapat kritik dan saran dari para peserta diskusi. Di akhir diskusi, pihak guru akan memberikan tanggapan dan penjelasan terhadap objek permasalahan dalam diskusi sebagai kesimpulan akhir yang umumnya bersifat final. Metode diskusi ini berdampak positif bagi para siswa dalam berperan aktif mengikuti kegiatan diskusi sehingga nalar berpikir kritis dapat berfungsi dengan baik. Kata Kunci: Implementasi, Metode Diskusi, Fikih-Ushul Fikih.        

Downloads

Submitted

2025-01-20

Accepted

2025-01-21

Published

2025-03-06