Analisis Kepribadian Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Islam Multikultural Di Era 4.0
Abstract
Abstract: Arus globalisasi saat ini semakin menjadi tantangan untuk semua elemen masyarakat termasuk pendidikan. Berkembangnya konstelasi kehidupan menuntut kepribadian seorang guru menyelesaikan tanggung jawabnya di lingkungan yang sangat beragam seperti Indonesia ini. Sebagai negara dengan ciri khasnya yaitu multikultural harus lebih mengedepankan asaz saling menghargai antar sesama. Peran seorang guru sebagai kunci yang bisa menumbuhkan rasa saling menghargai terhadap sesama. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menemukan hasil analisis yang digunakan guru secara kepribadian dalam mengimplementasikan pendidikan Islam multikultural di sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan content analysis. Sumber data penelitian ini adalah buku dan artikel terkait. Kajiannya menggunakan metode deskriptif analisis yang didukung oleh data yang diperoleh melalui studi pustaka. Penelitian ini telah menghasilkan analisis kepribadian guru dalam mengimplementasikan pendidikan Islam multikultural secara utuh dan terarah.
Downloads
Published
2024-03-06
Issue
Section
Articles