Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Keterampilan pendidik abad 21

Authors

  • Tomi Enramika

Abstract

Pasca terjadinya  pandemi covid-19 banyak menimbulkan dampak dalam proses pembelajaran, semua kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh teknologi. Penguasaan teknologi pada abad ini merupakan sebuah keharusan termasuk  bagi pendidik dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pengembangan media pembelajaran Bahasa arab sesuai dengan tuntutan abad 21 adapun keterampilan yang harus dikuasai pendidik pada abad 21 yaitu dapat  menguasai  4C  yang merupakan  sarana  untuk  mencapai  kesuksesan  dalam  kehidupan adapun keterampilan 4C yang dimaksud adalah keterampilan Communication, Collaboration, Critical  thinking  and  Problem  Solving,  dan Creativity  and Innovation dan salah satu aplikasi penunjang dalam pembuatan media pembelajaran Bahasa arab yang sesuai dengan tuntuntan abad 21 yaitu melalui aplikasi canva. Adapun Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dari     hasil penelitian  yang  sudah  dipublikasikan dalam jurnal maupun prosiding nasional. Adapun hasil penelitian bahwa dengan menggunakan aplikasi canva dapat digunakan dalam mendesain media pembelajaran bahasa arab yang menarik  sesuai dengan tuntutan zaman sehingga akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2024-03-06