Peningkatan Kesadaran Beribadah Peserta Didik melalui Pembelajaran Ibadah Amaliyah dan Ibadah Qauliyah di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor IKPM Magetan
Abstract
Abstrak: Kesadaran beribadah adalah pemahaman dan
penghayatan diri seseorang terhadap pentingnya beribadah
dan menunaikan kewajiban agama secara benar dan teratur.
Pemupukan kesadaran beribadah harus dipupuk kepada
seorang anak sedari dini melalui pembiasaan-pembiasaan dan
contoh yang baik dari orangtua dan orang yang lebih dewasa
disekitarnya. Pendidikan di Indonesia dapat diperoleh melalui
tiga jalur pendidikan, yaitu: pendidikan formal, pendidikan non
formal dan pendidikan non formal, melalui pendidikan anak
akan diajarkan berbagai macam ilmu termasuk ilmu agama.
Salah satu cara dalam memupuk kesadaran beribadah pada
diri seorang anak adalah melalaui pengetahuan, salah satu
pengetahuan yang dapat mendorong hal tersebut adalah
pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah yang
dalam lembaga formal pembelajaran ini sama dengan
pembelajaran fiqih khususnya pembelajaran fiqih ibadah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam
pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah dalam
meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik. Pendekatan
dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah kondensasi data, displai data dan
interpretasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian
ini adalah Upaya dalam meningkatkan kesadaran beribadah
diantaranya pembiasaan shalat berjamaah dan shalat sunnah,
qira’atul qur’an sore, pembiasaan adzan, pembiasaan doa
Downloads
Published
2024-03-06
Issue
Section
Articles