Peningkatan Kesadaran Beribadah Peserta Didik melalui Pembelajaran Ibadah Amaliyah dan Ibadah Qauliyah di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor IKPM Magetan

Authors

  • Dila Rukmi Octaviana 1 UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Kusnul Fadlilah IAIN Ponorogo
  • Reza Aditya Ramadhani SDN Plumpung Rejo Madiun

Abstract

Abstrak: Kesadaran beribadah adalah pemahaman dan penghayatan diri seseorang terhadap pentingnya beribadah dan menunaikan kewajiban agama secara benar dan teratur. Pemupukan kesadaran beribadah harus dipupuk kepada seorang anak sedari dini melalui pembiasaan-pembiasaan dan contoh yang baik dari orangtua dan orang yang lebih dewasa disekitarnya. Pendidikan di Indonesia dapat diperoleh melalui tiga jalur pendidikan, yaitu: pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan non formal, melalui pendidikan anak akan diajarkan berbagai macam ilmu termasuk ilmu agama. Salah satu cara dalam memupuk kesadaran beribadah pada diri seorang anak adalah melalaui pengetahuan, salah satu pengetahuan yang dapat mendorong hal tersebut adalah pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah yang dalam lembaga formal pembelajaran ini sama dengan pembelajaran fiqih khususnya pembelajaran fiqih ibadah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, displai data dan interpretasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah Upaya dalam meningkatkan kesadaran beribadah diantaranya pembiasaan shalat berjamaah dan shalat sunnah, qira’atul qur’an sore, pembiasaan adzan, pembiasaan doa

Downloads

Published

2024-03-06