Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X MAN 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Itsnaini Muslimati Alwi
  • Nurul Aini

Abstract

Salah satu poin penting dalam Penerapan Kurikulum Merdeka adalah adanya asesmen diagnostic untuk mengukur kemampuan awal peserta didik. Hal ini sangat diperlukan sebagai langkah awal Guru untuk menentukan metode dan strategi pembelajaran yang akan dilakukan di Kelas. Asesmen Diagnostik dapat digunakan sebagai langkah untuk mengetahui kemampuan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab yang menjadi mata pelajaran pokok di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi asesmen diagnostic khususnya pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X MAN 1 Cilacap. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner pada media google form. Teknik Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian daya, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil asesmen diagnostic kognitif sebanyak 99 siswa yang sudah memiliki kemampuan dalam bahasa Arab ada sebanyak 26% (26 siswa), cukup sebanyak 28% (27 Siswa), kurang sebanyak 25% (25 siswa), dan yang belum mampu sebanyak 21% (21 siswa) dengan KKM minimal 70. Berdasarkan hasil asesmen diasnogtik non kognitif didapatkan sebagian besar siswa rata-rata memiliki pengetahuan Bahasa Arab minimal. Hasil Asesmen diagnostic kognitif dan non kognitif yang telah didapatkan tersebut menjadi acuan guru bahasa Arab untuk tindak lanjut pembelajaran kedepannya.

Downloads

Submitted

2023-10-24

Published

2024-03-06