Upaya Sekolah dalam Pembentukan Sikap Tanggung Jawab melalui Penugasan di MA Darul Islah, Lampung

Authors

  • Citra Eka Wulandari STIT Darul Islah
  • Alsadika Ziaul Haq UIN Raden Intan Lampung
  • Bella Fienda Milenia STIT Darul Islah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penugasan dapat membentuk kemampuan afektif peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Islah Tulang Bawang Lampung. Kompetensi afektif merupakan salah satu kompetensi yang berkaitan dengan sikap, nilai, minat, perasaan, emosi dan nilai dalam pendidikan. Sikap serta nilai tanggung jawab merupakan salah satu bagian dari kompetensi afektif yang harus dimiliki peserta didik. Karena keberhasilan pengembangan ranah afektif tidak hanya akan menghasilkan ranah kognitif tetapi juga ranah sikap. Karena jika seorang peserta didik memiliki kemampuan memahami materi agama (kognitif) maka hal ini akan menimbulkan kesadaran, penilaian yang positif terhada dirinya dan mampu menolak segala sesuatu yang akan berdampak buruk. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Huberman. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penugasan yang dilakukan lembaga sekolah dapat membantu peserta didik membentuk sika tanggung jawab yang lebih baik.

Downloads

Published

2023-05-05