Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SD Persitim 2 Kota Kupang

Authors

  • Siti Aisyah Jasadijaya Sekolah Tinggi Agama Islam Kupang
  • Rahmad Bala Sekolah Tinggi Agama Islam Kupang
  • Hasanah Purnamasari Sekolah Tinggi Agama Islam Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga dalam proses belajar PAI di SD PERSITIM 2 Kota Kupang dan untuk mengetahui kiat-kiat penggunaan alat peraga yang memudahkan proses belajar peserta didik. Hal ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti bahwa dalam proses pembelajaran PAI para guru tidak aktif menggunakan alat peraga yang mengakibatkan sulitnya peserta didik untuk memahami dan menghafal urutan tata tertib sholat dan wudhu khususnya. Minat peserta didik pun berkurang pada mata pelajaran ini sehingga sulit menyelesaikan soal-soal, tidak aktif saat proses belajar berlangsung dan prestasi belajar jauh dari peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 19 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan data yang menggunakan empat instrument yaitu pedoman observasi, wawancara, angket dan format dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga yang dibuktikan dengan menganalisis angket berada pada kategori sedang dengan skor 68,84, hasil belajar PAI dibuktikan dari nilai posttes dengan nilai minimum 50 dan maksimal 80 dengan rata-rata 68,84. Kemudian melalui cara Uji Hipotesis (Uji t-test) dan uji regresi maka di peroleh  = 11.751 >=0,794 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan demikian hipotesis (H1) penelitian ini diterima (H0) ditolak dengan hasil hipotesis adanya pengaruh penggunaan alat peraga pada mata pelajaran PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas lV SD PERSITIM 2 Kota Kupang.

Downloads

Published

2023-05-05