Orientasi Tafsir Anak-anak
DOI:
https://doi.org/10.21111/studiaquranika.v10i1.13828Kata Kunci:
Orientasi tafsir, Tafsir anak-anak, Al-Fatihah, Edukatif, Aam AmiruddinAbstrak
Penanaman nilai-nilai keislaman sejak dini merupakan aspek fundamental dalam proses pendidikan anak. Dalam konteks ini, tafsir Al-Qur’an berperan penting sebagai media edukatif yang tidak hanya menyampaikan pesan keagamaan, tetapi juga membentuk karakter dan moral anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Seri Tafsir Al-Qur’an Kontemporer for Kids karya Aam Amiruddin dimanfaatkan sebagai media edukasi anak, baik dari segi pendekatan penyampaian materi, bahasa yang digunakan, maupun nilai-nilai pendidikan yang dikandungnya. Metode penelitian ini mencakup analisis teks, dengan fokus pada komponen internal tafsir dan sistematika penyajian oleh penulis yang terdapat dalam karya tersebut. Analisi ini dilakukan secara mendalam untuk memahami bagaimana sajian tafsir Al-Qur’an menjadi media edukasi yang relevan bagi anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsir ini disusun menggunakan bahasa yang sederhana, menarik, dan dialogis, dengan menyertakan ilustrasi, serta menyelaraskan kandungan Al-Qur’an pada tema-tema keseharian yang relevan dengan dunia anak. Nilai-nilai pendidikan yang disampaikan mencakup akidah, ibadah, akhlak, serta aspek sosial kemasyarakatan. Dengan demikian, Seri Tafsir Al-Qur’an Kontemporer for Kids terbukti menjadi alternatif media edukatif yang efektif dalam memperkenalkan kandungan Al-Qur’an kepada anak-anak secara menyenangkan dan mendidik.Referensi
Adib, Shohibul. “Karakteristik Metode Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak; Studi Buku Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-Anak Karya Afif Muhammad.” An-Nidzam 5, no. 2 (2018): 121–53.
Agustin, Roidah. “Tafsir Surah Al-Kafirun Dalam Buku Tafsir Al-Qur’an Bergambar Karya Afif Muhammad.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.
Alawiyah, Khofifah. “Karakteristik Tafsir Indonesia Untuk Anak-Anak.” Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, 2024. http://etheses.uin-malang.ac.id/70718/.
Amiruddin, Aam. Seri Tafsir Al Quran Kontemporer for Kids Al-Fatihah. Bandung: Penerbit Tsalisa Kids, 2006.
———. Tafsir Kontemporer Juz Amma Jilid I (Al-Fatihah, An Nas s/d Ad-Dhuha). Bandung: Khazanah Intelektual, 2017.
Anggara, Yogi Rio. “Proses Pembuatan Ilustrasi Ikon Untuk Buku Anak-Anak Di Perusahaan CV. CBM Agency : Laporan Kerja Praktek.” Universitas Komputer Bandung, 2012.
Aprilinandra, Rikhsan. “Commission of Tafsir (A New Direction Of Tafsir Al Quran In Indonesia).” The International Conference on Quranic Studies, n.d., 112–22.
Ardhina, Lasti. “Terjemah Al-Mua‘tsir Karya Aam Amirudin.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Eriyanto. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.
Firmani, Ayu. Ensiklopedia Juz ‘Amma Karya Aminah Mustari (Kajian Resepsi Atas Tafsir Dan Visualisasi Al-Qur’An), 2022.
Pangaribuan, Helena, Supriadi Supriadi, Arifuddin Arifuddin, Jurana Jurana, I Wayan Supetran, Fadli Daeng Patompo, and Lenny Lenny. “Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah Dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik Di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat).” Jurnal Kolaboratif Sains 5, no. 1 (2022): 52–67. https://doi.org/10.56338/jks.v5i1.2187.
Percikan Iman. “Profil Dr. Aam Amiruddin, MSi.” Accessed December 22, 2024. https://www.percikaniman.org/profil-pembina-yayasan/.
Riinawati. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Thema Publishing, 2021.
Rustandi, Hendi. “Gaya Bahasa, Diksi, Dan Imajinasi: Analisis Metaforis Terhadap Tafsir Juz ’Amma Anak Karya Roni Nugraha.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Quran Dan Tafsir 9, no. 02 (2024): 273–94. https://doi.org/10.30868/at.v9i01.7651.
Saifunnuha, Mukhamad, and Hamka Hasan. “Ragam Tafsir Di Indonesia (Analisis Metodologis Tafsir Juz ‘Amma for Kids Karya Muhammad Muslih Dan Tafsir Da’Awi Karya Atabik Luthfi).” Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qurán Dan Budaya 15, no. 1 (2022): 83–105.
Salamah, Ika Hilmiatus, and Miski. “Juz ’ Amma Publications for Kids in Indonesia : A Study of Authorship , Presentation , and Interpretation Approaches.” Mashdar : Jurnal Studi Al-Quran Dan Hadis 6, no. 1 (2024): 43–60. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/mashdar.v6i1.8845.
Shihab, M Quraish. Metodologi Tafsir Al-Qur’an Dari Tematik Hingga Maqashidi. Tangerang: PT. Lentera Hati, 2025.
Yudiar, Nino. “Tahapan Perkembangan Manusia Perspektif Pendidikan Islam.” AL-IDRAK: Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya 1, no. 2 (2021): 138–57.
Zahro’, Nafisatuz. “Tafsir Visual: Kajian Resepsi Atas Tafsir Dan Ilustrasi Dalam Tafsir Juz ‘Amma for Kids.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 16, no. 1 (2017): 123. https://doi.org/10.14421/qh.2015.1601-07.
Zulfa, Filahi. “Epistemologi Tafsir Al-Hikmah Tafsir Kontemporer Juz ’Amma Karya Aam Amiruddin.” Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar, 2021.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Khofifah Alawiyah, Miski

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








