Pengetahuan dan praktik keamanan pangan pada anak sekolah dasar di Kartasura

Authors

  • Maulida Faizah Nurfajri Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Pramudya Kurnia Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21111/dnj.v5i1.4785

Keywords:

Pengetahuan, praktik keamanan pangan, anak sekolah dasar

Abstract

Foodborne diseases atau penyakit yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi semakin banyak terutama pada anak sekolah dasar. Banyaknya kasus foodborne diseases pada anak sekolah dasar tersebut diakibatkan   karena anak-anak belum sepenuhnya mengetahui dan melakukan praktik keamanan pangan dengan baik dan benar dan kurangnya fasilitas yang tersedia pada sekolahan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana karakteristik siswa SD/MI dengan pengetahuan dan praktik keamanan pangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Observasional deskriptif  dengan desain penelitian Cross Sectional. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan sistem simple random sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik siswa SD/MI Muhammadiyah di Kartasura, bagaimana pengetahuan dan praktik keamanan pangan siswa SD/MI Muhammadiyah di Kartasura, dan menganalisis hubungan antara pengetahuan dan praktik keamanan pangan pada siswa SD/MI Muhammadiyah di Kartasura. Dari responden yang diambil, didapatkan hasil sebanyak 67,6% memiliki pengetahuan keamanan pangan yang baik dan 32,4% belum memiliki pengetahuan keamanan pangan yang baik. Pada praktik keamanan pangan, sebanyak 70,4% sudah memiliki praktik keamanan pangan yang baik dan 29,6% memiliki praktik keamanan pangan yang kurang baik. Hasil analisis uji hubungan, didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dan praktik keamanan pangan, dengan nilai p 0,656 (p>0,05). Sebaiknya sekolah menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan yang lengkap dan menyelipkan pelajaran tentang kebersihan dan keamanan pangan kepada siswa SD/MI agar siswa lebih memahami tentang kebersihan dan Kesehatan diri.

References

Bachtiar, Yusuf. 2018. Polisi Periksa 12 Saksi Kasus Puluhan Siswa SD di Cikarang Keracunan Spageti 2018. Surat Kabar Tribun Jakarta. 16 Agustus 2018. https://jakarta.tribunnews.com/2018/08/16/polisi-periksa-12-saksi-kasus-puluhansiswa-sd-di-cikarang-keracunan-spageti. Tanggal akses: November 2018Byrd-Bredbenner C, Abbot J.M, Wheatley V, Schanaffer D, Bruhn C, Blaock L. 2008. Risky eating behaviors of young adults – implication for food safety education. Journal of the American Dietetic Assosiation 108(3):549-52Fatmawati, Putri. 2013. Kesiapsiagaan Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakartaa Tahun Pelajaran 2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta. SurakartaFukuda, K., 2015. Food Saferty in a Globalized world. Bulletin of the World Organization (WHO). 93 (4),209-284Gumucio S. 2011. The KAP Survey Model (Knowledge, Attitude,and Practices). Prancis: IGC CommunighraphieIfeadike C, dkk. 2014.Socio-demographic determinants of maternal health-care service utilization among rural women in anambra state, South East Nigeria. Ann Med Health Sci Res. 2014 May-Jun; 4(3): 374–382Mustofa, Ali. 2019. Ratusan Siswa SD Keracunan Makanan, Polisi Panggil Pemilik Katering. Surat Kabar Jawa Pos Radar Kudus. 5 Mei 2018. https://radarkudus.jawapos.com/read/2018/05/05/70884/ratusan-siswa-sd-keracunan-makanan-polisi-panggil-pemilik-katering. Diakses pada tanggal: 17 November 2019 Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.Patah Mora, Issa Z, Nor K.M. 2011. Food Safety Attitude of Culinary Arts Based Students in Public and Private Higher Learning Institutions (IPT). International Journal Studies. 2(4):168-178Siow O.N., Sani N.A.,. 2011. Assessment of knowledge, attitudes and practices (KAP) among food handlers at residential colleges and canteen regarding food safety. Sains Malaysiana 40 (4), 403-410Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : AlfabetaWawan, A., & Dewi Maria. 2010. Medical book: Teori dan Pengukuran Pengetahuan. Sikap. dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika World Healt Organization (WHO). 2015. World Health Statistics 2015. Geneva: World Health Organization; 2015

Downloads

Published

2021-05-04