Dukungan Psikologi Pada Anak Putus Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.21111/ku.v3i2.3815Keywords:
psychosocial support, anak putus sekolahAbstract
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan psychosocial support kepada anak-anak yang putus sekolah dilingkunganterminal kota tegal. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tim kami memberikan dukungan baik secara psikologi maupun sosial. Secara psikologi dengan tujuan agar kondisi psikologis anak-anak yang putus sekolah tidak mengalami gangguan sehingga dapat berkembang sesuai dengan usia perkembangannya. Selain itu dukungan sosial juga diberikan agar anak tersebut tidak menjadi sampah masyarakat tetapi bermanfaat bagi masyarakat luas. Metode yang kami pakai adalah dengan metode ceramah dan diskusi. Harapan dari tim kami dengan dibekali hal tersebut anak-anak yang putus sekolah bisa menjadi pribadi yang tangguh dan kreatif sehingga dapat bertahan hidup dimasyarakat tentu dengan tidak menjadi sampah masyarakat. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari anak-anak terbukti dengan selesainya kegiatan ini, banyak diantara mereka yang masih menjalin komunikasi dengan tim kami.
References
Gunarsa, Singgih D. 2004. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia. Kartini, Kartono. 2009. Patologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sarwono, Sarlito Wirawan. 2008. Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Soraya, G.D. 2012. Perbedaan Masalah Mental dan Emosional Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Agama. Semarang: UNDIP Yusuf, Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.