Pemberdayaan Dosen Dalam Penguatan Literasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan di Universitas Pesantren

Authors

  • Rila Setyaningsih Universitas Darussalam Gontor
  • Abdullah Abdullah Universitas Darussalam Gontor
  • Edy Prihantoro Universitas Gunadarma
  • Hustinawaty Hustinawaty Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v2i1.2664

Keywords:

Literasi digital, pemberdayaan dosen, universitas pesantren

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta munculnya era digital menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan pesantren untuk menyesuaikan diri, terutama bagi perguruan tinggi berbasis pesantren. Pembaharuan model pembelajaran yang dilakukan di lembaga pendidikan pesantren modern terutama pendidikan tinggi berbasis pesantren menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi para dosen untuk meningkatkan kemampuan literasi digital. Permasalahan yang dihadapi oleh para dosen di perguruan tinggi berbasis pesantren yakni Universitas Darussalam Gontor yang menjadi mitra pengabdian ini adalah masih terbatasnya kemampuan memanfaatkan media digital dalam pembelajaran sehingga diperlukan pendampingan dan peningkatan keterampilan. Metode pengabdian dilakukan melalui 3 tahap yakni pra kegiatan berupa sosialisasi kegiatan, pelaksanaan kegiatan yang terdiri dari pendampingan pengembangan konten pembelajaran dan workshop e-learning, dan pasca kegiatan berupa FGD dan penyusunan program lanjutan. Hasil dari kegiatan ini berupa peningkatan literasi digital mitra khususnya dalam mengoperasikan e-learning sebagai upaya untuk mengembangkan pendidikan di Universitas Darussalam Gontor sebagai salah satu universitas berbasis pesantren. Saran terhadap keberlanjutan program adalah adanya dorongan dari pemangku kebijakan terkait pemanfaatan e-learning dan juga penerapan e-learning untuk semua mata kuliah di seluruh program studi.

References

McQuail, Dennis. 2000. Mc. Quail’s Communication Theory (4th edition). London: Sage Publications.
Nurhakim, Moh. (2011). Imam Zarkasyi Dan Pembaharuan Pesantren : Rekonstruksi Aspek Kurikulum, Menejemen Dan Etika Pendidikan. Jurnal PROGRESIVA Vol. 5, No.1, Desember 2011.
Setyaningsih, Rila dkk. 2018. Model Edukasi Kreatif Pesantren Melalui Pemanfaatan E-Learning Di Era Digital. Hasil penelitian diseminarkan di KNP2K 2018 di LSPR Jakarta tanggal 5-6 September 2018.
Sholihah, Kurnia. 2016. Analisis Literasi Digital: Studi Pemanfaatan Jurnal Elektronik oleh Mahasiswa Magister Manajemen di Perpustakaan UKSW Salatiga (Tesis). Yogyakarta: Pacasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2018-11-18

Issue

Section

Articles