Membangun Infrastruktur Jaringan RT RW Net Guna Mendukung Aplikasi Sistem Informasi Desa (SIMADES)

Authors

  • Shoffin Nahwa Utama Universitas Darussalam Gontor
  • Aziz Musthafa Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1420

Keywords:

jaringan, rt/rw net, simades

Abstract

Program kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema membangun infrastruktur jaringan RT/RW Net di Desa Sekaran, Kec. Siman, Kab. Ponorogo guna mendukung aplikasi SIMADES memiliki tujuan: 1) Masyarakat Desa Sekaran mengetahui manfaat penggunaan teknologi informasi; 2) Perangkat desa lebih mudah dan cepat mengakses informasi; 3) Memudahkan proses pelaporan berbasis online oleh perangkat desa; 4) Memudahkan dan mempercepat pelayanan berbasis online menggunakan Sistem informasi desa. Guna mencapai tujuan dari pengabdian masyarakat ini, tim dosen dibantu mahasiswa telah melaksakan beberapa kegiatan berupa pemasangan tower antena yang dijadikan pusat RT/RW Net di balai Desa Sekaran, pemetaan rumah perangkat desa yang akan dipasang antena penerima, instalasi antena pemancar dan penerima disetiap titik yang telah direncanakan. Setelah kegiatan tahap pertama selesai dilakukan evaluasi guna memperoleh feedback dari pihak desa. Dari kegiatan instalasi infrastruktur jaringan RT/RW Net didapatkan respon yang sangat positif dari semua perangkat desa sekaran, sebagian besar yang telah berusia diatas 50 tahun dapat dengan mudah menggunakan beberapa media sosial dan juga menggunakan sistem informasi yang telah ada.

References

Arifin Noor Asyikin, Pengukuran Tingkat Kesiapan Kantor Pemerintahan Desa Dalam Penerapan Masterplan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Perkantoran Desa Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1.Jurnal Poros Teknik Vol 7, No 2 (2015). Pltek Negeri Banjarmasin

Muhammad Badri . Pembangunan pedesaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Pada Gerakan Desa Membangun). Jurnal RISALAH, Vol. 27, No. 2, Desember 2016: 62-73

Agus Dwiyanto. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas gajah Mada. 2005.

Nicholas Henry. Administrasi Negara dan Masalah Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo. 1995

Suparyo, Y. (2013). Presentasi Gerakan Desa Membangun. Sumber: http://www. slideshare.net/yossy_suparyo/presentasi-gerakan-desa-membangun?redirected_ from=save_on_embed. Diakses 18 Juli 2017.

Muhamad Nugraha and Shoffin Nahwa Utama, “MATIC - Manajemen Bandwidth Dengan HTB” (Jurnal Matics, 2017)

Downloads

Published

2017-11-15

Issue

Section

Articles