Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

Authors

  • Ifa Rodifa Nur Universitas Darussalam Gontor
  • Fitri Setyo Rini Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1417

Keywords:

pembelajaran Bahasa Arab, PP Al Islam Joresan, metode langsung

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa Qur'an, kitab suci umat Islam. Karena itu, bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting bagi ratusan juta umat Islam di seluruh dunia, baik Arab ataupun non Arab. Pondok Pesantren Al-Islam Joresan adalah salah satu pondok pesantren yang mencoba menciptakan kader-kader Islam dan kader bangsa dengan membekali murid mereka dengan pembelajaran bahasa Arab. Namun, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan memiliki masalah dalam belajar bahasa Arab, di antara masalah yang signifikan adalah minimnya kompetensi berbahasa Arab di kalangan siswa. Hal ini disebabkan ketidaksesuaian antara metode pengajaran dengan tujuan yang ingin dicapai, menerapkan metode tarjamah dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Dari permasalahan yang ada, kami menawarkan solusi dalam metode pengajaran dengan penerapan metode langsung yang keberhasilannya telah dibuktikan oleh banyak ahli bahasa, salah satu institusi yang telah menerapkan adalah Pondok Modern Darussalam (UNIDA) Gontor. Cara ini berhasil membuat siswa mampu berbicara bahasa target dengan baik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Program ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis korelasi antara sebelum dan sesudah pengabdian  masyarakat. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa Arab antara sebelum dan sesudah metode langsung

References

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2010. Pengantar Sosiolinguistik. Cetakan Ke-2. Bandung: PT Refika Aditama.

Fuad Effendi, Ahmad. 2003. Metodologi pengajaran Bahasa Arab. Malang: Penerbit Misykat.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembalajaran Bahasa Arab. Cet II. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khoirudin, Azaki. Sains Islam Berbasis Nalar Ayat-ayat semesta. Ponorogo: Jurnal At-Ta’dib. (Vol. 12, NO. I, Juni 2017)

Maujud, Fathul. Dirasatu an Takhtiti Tadrisi Al lughoh Al ‘Arabiyyah fii Al Jaami’ah Al Islamiyyah. Ponorogo: Jurnal At-Ta’dib. (Vol. 12, No. I, Juni 2017).

Munip, Abdul. Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia dalam al- ‘Arabiyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. (Vol. 1 No. 2 Januari 2005).

Riskiyanti, Dyah Ayu dan Abdul Hafidz Zaid. 2017. Muhawalatu Ma’hadi Darissalam Gontor Lil banaat Ats Tsani fii takwini Al Bi’ah Al Lughowiyah Li Iktisabi Maharoti Al Kalam Al’arabi. Ponorogo: Jurnal At-Ta’dib. (Vol. 12, NO. I, Juni 2017).

Rosikh, Fakhrur. 2014. Ta’limu Al Mufrodat Li annaatiqin bihgairi Al lughoh Al ‘arabiyyah, Nadhariyyan wa Tathbiqan, Ponorogo. Jurnal Lisanudhad. (Vol. 01, No. 02, Desember 2014).

Zaid, Abdul Hafidz. Teknologi At Ta’lim Al muqtarohah Lita’limi maharato Al kalam Litullabi Al mustawa Al mutawassith fii Indonesia. Jurnal: Lisanudhah. (Vol. 12, NO. I, Juni 2017).

Downloads

Published

2017-11-15

Issue

Section

Articles