Dinamika Pengembangan Ilmu di UIN Malang dan UIN Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21111/klm.v17i1.2939Keywords:
Islamic Worldview, Heuristic, Hardcore, Auxiliary Hypothesis, Pseudoscientific.Abstract
References
Abdullah, M. Amin. 1992. “Aspek Epistemologis Filsafat Islam,” dalam Irma Fatimah (ed.), Filsafat Islam. Yogyakarta: LESFI.
_____. “Agama, Ilmu dan Budaya: Paradigma Integrasi-Interkoneksi” kuliah inagurasi pengukuhan sebagai Anggota Komisi Kebudayaan pada Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di UGM Selasa, 3 September 2013.
_____. 1996. Studi Agama, Normativitas atau Historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Adonis. 2007. al-Tsabit wa al-Mutahawwil: Bahts fi al-Ibda' wa al-Ittiba' inda al-Arab (Arkeologi Sejarah Pemikiran Arab-Islam). Terj. Khoiron Nahdiyin. Yogyakarta: LKiS.
Ahimsa-Putra, Heddy Shri. “Paradigma, Epistemologi dan Metode Ilmu Sosial-Budaya -Sebuah Pemetaan–“.Makalah, disampaikan dalam pelatihan “Metodologi Penelitian”, diselenggarakan oleh CRCS–UGM, di Yogyakarta, 12 Februari – 19 Maret 2007, 8
_____. “Paradigma dan Revolusi Ilmu dalam Antropologi Budaya -Sketsa Beberapa Episode-”, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, diucapkan di depan Rapat Terbuka Majelis Guru Besar Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 10 November 2008.
_____. “Paradigma Profetik, Mungkinkah? Perlukah?” Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional “Paradigma Profetik: Jalan Baru Ilmu Sosial Keindonesiaan”, diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial, UNY, di Yogyakarta, 7 September 2016.
Ahmad, Munawar dan Saptoni (peny.). 2007. Re-Strukturisasi Metodologi Islamic Studies: Mazhab Yogyakarta. Yogyakarta: Suka Press.
_____. 2013. Lukman Fauroni, Siswanto Masruri, “Rekonstruksi dan Implementasi Metodologi Berparadigma Integrasi-Interkoneksi dalam Studi Islam Kontemporer di Indonesia” (Studi atas Disertasi Doktoral pada 6 UIN), Laporan Penelitian. Jakarta: Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Assegaf, Abdurraman dan Muh. Isnanto. 2010. “Muatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi Dalam Materi Pokok dan Bahan Ajar Matakuliah Keislaman Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, Laporan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Lemlit.
Bagir, Zainal Abidin. 2006. “Sains dan Agama-Agama: Perbandingan Beberapa Tipologi Mutakhir” dalam Zainal Abidin Bagir, Liek Wilardjo, Arqom Kuswanjono, dan Mohammad Yusuf. Ilmu, Etika, & Agama, Menyingkap Tabir Alam dan Manusia. Yogyakarta: CRCS.
Bucaille, Maurice. 1992. Bibel Qur'an dan Sains. Terj. A. Rasyidi. Jakarta: Bulan Bintang.
Budianto, Erik. 2009. Implementasi Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Islam (Studi Kasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Malang: PPS UIN Malang.
Haneef, Mohamed Aslam. 2005. A Critical Survey of Islamization of Knowledge. Kuala Lumpur: Research Centre IIUM.
Hoodbhoy, Pervez. 1996. Ikhtiar Menegakkan Rasionalitas: Antara Sains dan Ortodoksi Islam. Terj. Sari Meutia. Bandung: Mizan.
Lacey, A.R. 2000. A Dictionary of Philosophy. London, New York: Routledge.
Lakatos, Imre. 1970. Criticism and the Growth of Knowledge. New York: Cambridge University Press.
_____. 1970. Musgrave ed., Criticism and the Growth of Knowledge. Cambridge: Cambridge University Press.
_____. 1995. The Methodology of Scientific Research Programmes. Cambridge: Cambridge University Press.
Minhaji, Akh. 2013. Tradisi Akademik di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: SUKA Press.
Muslih, Mohammad. 2012. “Pemikiran Islam Kontemporer, antara Mode Pemikiran dan Model Pembacaan”, Tsaqafah, Vol. 8. No. 2. Oktober.
Ney, Alyssa. 2012. “Neo-Positivist Metaphysics.” Philosophical Studies. Vol. 160. No. 1. August.
Nn, Katalog Buku 2014. Malang: UIN-Malang Press.
Rifai, Nurlena, Fauzan, Wahdi Sayuti, Bahrissalim. 2014. Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum di UIN Se-Indonesia: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Riyanto, Waryani Fajar. 2012. Implementasi Paradigma Integratif-Interkonesi dalam Penelitian 3 (Tiga) Disertasi Dosen UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Lemlit UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
_____. 2013. “Pengembangan Kurikulum Ilmu-Ilmu Keislaman di PTAI (Sebuah Ikhtiar Pencarian Landasan Filosofi).” Forum Tarbiyah. Vol. 11. No. 2. Desember.
_____. 2013. Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin Abdullah (1953-…), Person, Knowledge, and Institution. Yogyakarta: Suka Press.
Rolston III, Holmes. 1987. Science and Religion: A Critical Survey. New York: Random House.
Schick, Jr. Theodore, ed. 2000. Readings in the Philosophy of Science. Mountain View. CA: Mayfield Publishing Company.
Setia, Adi. 2007. “Three Meanings of Islamic Science: Toward Operationalizing Islamization of Science.” Jurnal Islam & Science. Vol. 5. No. 1.
Shaleh, Fauzan. 2004. Modern Trends in Islamic Theological Discourse in Twentieth Century Indonesia: A Critical Survey, (Teologi Pembaruan: Pergeseran Wacana Islami Sunni di Indonesia abad XX). Jakarta: Serambi.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Sumber Elektronik dan Internet
http://plato.stanford.edu/entries/pseudo-science/ diakses Jum’at, 07 Okt 2016 jam 03.45
http://www.personalityresearch.org/metatheory.html diakses pada Sabtu, 06 Agustus 2016 jam 20.55
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang, akses 7 Okt 2016 jam 19.48
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Yogyakarta#Geografi, akses 7 Okt 2016 jam 19.51
https://www.britannica.com/topic/verifiability-principle, diakses pada Ahad 07 Agustus 2016 jam 08.38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
- The right of publication of all material published in the journal / published in the Kalimah is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral rights remain the author of the script).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0), which means that Kalimah reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.