IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DI CV RUMAH WARNA YOGYAKARTA

Authors

  • Richa Angkita Mulyawisdawati STEBI Al-Muhsin Yogyajakarta

DOI:

https://doi.org/10.21111/ijtihad.v13i2.3539

Keywords:

Etika, bisnis, islam

Abstract

Islam sebagai suatu sistem yang mampu memberikandaya tawar positif di dalam perkembangan ekonomi saatini. Yaitu dengan menghadirkan nilai-nilai etika dan moralImplementasi Etika Bisnis Islam di CV Rumah Warna Yogyakarta148 Volume 13 Nomor 2, September 2019yang lengkap serta mengajarkan semua dimensi kehidupan,salah satunya adalah kegiatan berbisnis. Oleh karenanyaIslam tidak memperbolehkan seseorang melakukan aktivitasekonomi secara bebas untuk mencapai keinginan dankepuasannya dengan menghalalkan segala cara termasukdidalamnya antara lain; kecurangan, penipuan, riba,sumpah palsu, suap dan perbuatan batil lainnya.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitikdengan pendekatan kualitatif. Adapun data yang diperolehmerupakan hasil wawancara penulis dengan beberapa stakeholder di CV Rumah Warna Yogyakarta serta observasilangsung pada objek.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secarakeseluruhan CV Rumah Warna Yogyakarta telahmengimplementasikan kelima prinsip etika bisnisdalam Islam, yaitu diantaranya; prinsip tauhid; prinsipkeseimbangan; prinsip kehendak bebas; prinsip tanggungjawab serta prinsip kebajikan (ihsan).

References

Alma, Buchari, Ajaran Islam dalam Bisnis, Bandung : Al- Fabeta,1994

Amalia, Fitri, “Implementasi Etika Bisnis Islam pada Pedagang di Bazar

Madinah Depok”, Prosiding Seminas, Jakarta, 2012

Arifin, Johan, Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press, 2009

Badroen, Faisal Suhendra, dkk, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta : Kencana

Prenada Media Group, 2006

Hafiz Juliansyah, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bisnis Islam

Pedagang Pasar Ciputat, Skripsi pada Jurusan Perbankan Syari’ah

Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta,

Hasan, Ali, Manajemen Bisnis Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Irawan, Heri, “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Sembako di

Pasar Sentral Sinjai”, Tesis Pascasarjana Bidang Ekonomi Islam

UIN Alauddin Makasar, 2017

Irfan, Fitri Nur, Analisis Pengawasan Kualitas Produk pada Rumah Warna

Yogyakarta, Skripsi Program Studi Ekonomi Islam Universitas

Islam Indonesia, Yogyakarta, 2018

Kusnia, Siti Mina, Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Ngaliyan

Semarang dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”, Skripsi pada

jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN

Walisongo, (Semarang, 2015)

Muhammad, “Etika Bisnis dalam Islam (Studi Kasus di Pasar Grong-

Grong Kabupaten Pidie, Aceh)”, Jurnal Tahqiqa, Vol. 10, No.2,

Juli 2016

Rifai, Veithzal, Islamic Business and Economic Ethics, Jakarta: PT Bumi

Aksara, 2012

Satori, Djam’an, Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:

Alfabeta, 2009

Richa Angkita Mulyawisdawati

Volume 13 Nomor 2, September 2019 167

Subandi, Bambang, Bisnis Sebagai Strategi Islam, Surabaya: paramedia,

Zubair, Achmad Charris, Kuliah Etika, Jakarta : Rajawali Press, 1995

Downloads

Published

2019-09-01

Issue

Section

Articles