IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DI CV RUMAH WARNA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21111/ijtihad.v13i2.3539Keywords:
Etika, bisnis, islamAbstract
Islam sebagai suatu sistem yang mampu memberikandaya tawar positif di dalam perkembangan ekonomi saatini. Yaitu dengan menghadirkan nilai-nilai etika dan moralImplementasi Etika Bisnis Islam di CV Rumah Warna Yogyakarta148 Volume 13 Nomor 2, September 2019yang lengkap serta mengajarkan semua dimensi kehidupan,salah satunya adalah kegiatan berbisnis. Oleh karenanyaIslam tidak memperbolehkan seseorang melakukan aktivitasekonomi secara bebas untuk mencapai keinginan dankepuasannya dengan menghalalkan segala cara termasukdidalamnya antara lain; kecurangan, penipuan, riba,sumpah palsu, suap dan perbuatan batil lainnya.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitikdengan pendekatan kualitatif. Adapun data yang diperolehmerupakan hasil wawancara penulis dengan beberapa stakeholder di CV Rumah Warna Yogyakarta serta observasilangsung pada objek.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secarakeseluruhan CV Rumah Warna Yogyakarta telahmengimplementasikan kelima prinsip etika bisnisdalam Islam, yaitu diantaranya; prinsip tauhid; prinsipkeseimbangan; prinsip kehendak bebas; prinsip tanggungjawab serta prinsip kebajikan (ihsan).References
Alma, Buchari, Ajaran Islam dalam Bisnis, Bandung : Al- Fabeta,1994
Amalia, Fitri, “Implementasi Etika Bisnis Islam pada Pedagang di Bazar
Madinah Depokâ€, Prosiding Seminas, Jakarta, 2012
Arifin, Johan, Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press, 2009
Badroen, Faisal Suhendra, dkk, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta : Kencana
Prenada Media Group, 2006
Hafiz Juliansyah, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bisnis Islam
Pedagang Pasar Ciputat, Skripsi pada Jurusan Perbankan Syari’ah
Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta,
Hasan, Ali, Manajemen Bisnis Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Irawan, Heri, “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Sembako di
Pasar Sentral Sinjaiâ€, Tesis Pascasarjana Bidang Ekonomi Islam
UIN Alauddin Makasar, 2017
Irfan, Fitri Nur, Analisis Pengawasan Kualitas Produk pada Rumah Warna
Yogyakarta, Skripsi Program Studi Ekonomi Islam Universitas
Islam Indonesia, Yogyakarta, 2018
Kusnia, Siti Mina, Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Ngaliyan
Semarang dalam Perspektif Etika Bisnis Islamâ€, Skripsi pada
jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN
Walisongo, (Semarang, 2015)
Muhammad, “Etika Bisnis dalam Islam (Studi Kasus di Pasar Grong-
Grong Kabupaten Pidie, Aceh)â€, Jurnal Tahqiqa, Vol. 10, No.2,
Juli 2016
Rifai, Veithzal, Islamic Business and Economic Ethics, Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2012
Satori, Djam’an, Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:
Alfabeta, 2009
Richa Angkita Mulyawisdawati
Volume 13 Nomor 2, September 2019 167
Subandi, Bambang, Bisnis Sebagai Strategi Islam, Surabaya: paramedia,
Zubair, Achmad Charris, Kuliah Etika, Jakarta : Rajawali Press, 1995

