Branding Dalam Ekonomi Islam

Authors

  • Muhammad Zainuddin Akil

DOI:

https://doi.org/10.21111/ijtihad.v9i1.2566

Keywords:

Branding, Konsumen, strategi pemasaran, merek

Abstract

Pelabelan atau peletakan merek secara Islami adalah isu mutakhir yang muncul pada era sembilan puluhan, sebagai respon dari kebangkitan ekonomi negara-negara muslim, yang saat itu merupakan target pasar yang sangat potensial untuk para produsen asing. Selanjutnya yang terakhir merasa tertuntut untuk merubah strategi pemasaran untuk menembus pasar muslim lewat simbol-simbol keislaman di negara tersebut. Disinilah cikal bakal peletakkan merek Islami digagas dan berlanjut. Islam emmiliki konsep pembangunan merek yang berbeda dari arus umumnya, dimana nilai-nilai Islam seperti kejujuran, kemurnian, penghargaan, kebaikan, kedamaian, kemurnian, keaslian, kesabaran, disiplin, transparansi, jaminan mutu, dan lain sebagainya menjadi yang utama. Dalam setap langkah program pembangunan merek yang akan diaplikasikan dalam mekanisme arsitektur brand harus berisi nilai-nilai tersebut yang akan membedakannya dari lainnya. Dengan nilai-nilai pembangunan merek ini yang diaplikasikan dalam program pembangunan merek mereka akan didapatkan citra yang lebih baik juaga akan dicintai pelanggan. Nilai-nilai ini pun dapat diterima karena keuniversalannya terutama bagi non-muslim karena mengedepankan etika dan normative value yang bersumber dari nilai tauhid dan akhlak.

References

Al-Quran Karim

Affandi, Taufiq, The Ethics of advertising in Islamic Economic, Ponorogo, Institut Studi Islam Darussalam, 2006

Agung, Silih Wisesa, Political Branding & Public Relation, jakarta : Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2011

Ahmad, HM Bashiruddin Mahmud, Riwayat hidup Rauslullah, transleted by Sukri Barmawi, Third Edition, Bogor: Yayasan Wisma Damai. 2004.

Budiman, M. Arief, Juaan Ide segar, First Edition, Yogyakarta : Penerbit Galangpress, 2008

E.Schroeder, Jonathan and Miriam Salzer-Morling, Brand Culture, New York : Rouledge, 2006

Goodman, John, Ogilvy Noor Talking the Third One BIllion, Slide, England: Ogilvy Noor, 2010.

Haig, Matt, Brand Dailure, First Edition, London: Kogan Page,2003

Handani, Kunti, Regional Branding Solo the spirit of java Suatu tinjauan dari aspek hak kekayaan intelektual, thesis, semarang: PRogram MAgister Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2010.

Hart, Michael H., The 100, Twelve Edition, New York: Carol Publishin Groip, 1993.

Ismail Y., Muhammad, and Muhammad Karebet W. Menggagas bisnis Islami, First Edition, Jakarta: Gema Insani Press, 2002

J. Stanton, William & Michael J. Etzel, Bruce J. Walker, Fundamentals of MArkeing, tenth edition, Unite States of America:Mc-Graw Hill, Inc

Downloads

Published

2015-04-10

Issue

Section

Articles