IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI BANK SYARI’AH (STUDI KASUS DI BANK BTN SYARI’AH CAB. MALANG)

AHMAD MUQOROBIN

Abstract

Munculnya krisis moneter di Indonesia tahun 1997 disebabkan oleh rendahnya penerapan Good Corporate Governance (GCG). Memasuki abad 21, abad globalisasi yang penuh dengan tantangan dan persaingan, maka penerapan prinsip (GCG) telah menjadi suatu kebutuhan serta kepatuhan dalam pengelolaan perusahaan seperti perbankan syari’ah dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Bank Syari’ah sebagai lembaga kepercayaan dan intermediasi, melindungi kepentingan stakeholders, meningkatkan moral serta meingkatkan nilai-nilai (values) bagi perusahaan. Penerapan prinsip (GCG) secara sederhana dapat diwujudkan dengan cara peningkatan etos dan budaya kerja yang amanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip (GCG) pada PT Bank Negara Syariah cabanga Malang dalam pelaksanaan prinsip-prinsip (GCG) dan cara mengatasinya. Berdasarkan penelitian, diperoleh jawaban penerapan prinsip-prinsip (GCG) di Bank BTN Syari’ah cabang Malang dengan mengikuti 5 (lima) prinsip (GCG). Dalam prinsip transaksi yaitu: adanya kejelasan fungsi pada laporan keuangan, kejelasan informasi produk pada nasabah, serta kejelasan pada manajemen risiko. Prinsip akuntabilitas diterapkan dalam bentuk pelaksanaan budaya kerja, laporan audit, serta adanya pembinaan unit usaha. Prinsip responsibilitas yaitu dengan adanya penerapan yang berhubungan terhadap CSR. Prinsip indepedensi yaitu dengan adanya pengambilan segala keputusan secara obyektif dengan tidak adanya tekanan dari pihak lain. Dan prinsip kewajaran serta keadilan dilaksanakan demi memperhatikan kepentingan stakeholders dengan pemberian informasi yang wajar serta adanya keadilan yang diterapkan dalam pihak internal bank.

Keywords

Implementasi; GCG; bang Syari’ah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 0 times

References

Abdullah, mal An. 2010. Corporate Governance Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Anshori, Abdul Ghofur. 2007. Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Setiani, Nur Hidayati. 2010. Implementasi Good Corporate Governance pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomika. LP2EI Fakultas Syariah IAIN Walisongo. Semarang.

Thomas, Kaihatu. 2006. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan: Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Zarkasyi, Moh. Wahyudin. 2008. Good Corporate Governance pada Badan Usaha Manufaktur Perbankan dan Jasa Keuangan Lainnya. Bandung: Alfhabeta

Laporan BTN Berkelanjutan 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.