maqasid syari'ah dalam ekonomi islam

imam kamaluddin

Abstract

Tujuan utama dari syariah adalah kesejahteraan manusia (masalah), dan menghindarkan mereka dari madharat, maka aspek ekonomi dalam tidak luput dari perhatian syariah itu sendiri. Untuk memahami maksud al-Syari' (Allah) dalam syari'ah yang diturunkannya diperlukan pemahaman yang baik terhadap maqasid al-syari'ah Membicarakan Membicarakan maqasid al-syari'ah tidak bisa dilepaskan dari pribadi al-Imam al- Syathibi, yang disebut sebagai "bapaknya maqasid al-syari'ah". Dan untuk menyusun bangunan ekonomi islam tidak bisa dilepaskan dari teori maqasid dan etika, agar para mujtahid ekonomi islam mampu menggali nilai-nlai alQur'an dan sunnah yang berhubungan dengan ekonomi. variabel etika, yang dikaitkan dengan maslahah sebagai sebagai keywordnya-nya tampaknya memang sangat urgen dalam proses ijtihad di wilayah ekonomi islam dalam membicarakan epistomologi ilmu ekonomi islamm digunakan metode deduksi dan induksi. Al- Ijtihad al-tathbiqi yang banyak menggunakan induksi akan menghasilkan kesimpulan yang lebih operasional sebab ia didasarkan pada kenyataan empiris. Selanjutnya, dari keseluruhan proses iniyaitu kombinasi dari elaborasi kebenaran wahyu Allah dan sunnah dengan pemikiran dan penemuan manusia yang dihasilkan melalui ijtihad- akan menghasilkan umum dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk ekonomi. Dengan metode inilah, ilmu ekonomi islam bisa menjelaskan perbedaan antara needs dengan wants, juga perbedaan antara utility dengan maslahah. Problem mendasar dari ekonomi pun bisa dijelaskan oleh ilmu ekonomi islam dengan baik.

Keywords

maqasid al-syari;ah; maslahah;al-kulliyat al-khams; al-ijtihad

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 1 times

References

al Afriqi, Ibnu Manshur, Lisan al"Arab, (Beirut: Dar al Shadr, t.t).

Agustianto, Epistemologi Ekonomi Islam, dalam www.pelita..or.id., diakses tanggal 19 november 2013.

Azizi, A. Qodri, Membangun Fondasi Ekonomi Umat: Meneropong Prospek Berkembangnya ekonomi islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2004).

al-Badawi, Yusuf Ahmad Muhammad, Maqasid al Syari'ah ' inda Ibnu Taimiyah, (Yordania: Dar al- Nafaais, 2000).

Bakri, Asafri Jaya, Konsep Maqashid Syari'ah menurut al-Syathibi, (Jakarta Rajaawali Press,2006).

al- Daraini, Fathi, al-Manahij al- Ushuliyyah fi al-Ijjtihad bi al-Ra'yi al-Tasyri', (Damaskus :Dar al-Kitab al-Hadits, 1975).

Darusmanwiati, Aep Saepullah, Imann Syathibi, dalam www.islamlib.com., diakses 18 November 2013.

Ma'luf, Abu Luis, al-Munjid,(Beirut: Darul Ilmi Li 1 Malayin, 1990). Wehr, Hanis, Dictionary of Modern Writen Arabic, (London: Mc Donal & Evan Ltd., 1980)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.